27 PNS Kecamatan Dilatih Deteksi Dini Gejala Kerawanan Masyarakat

Ditulis 18 Jun 2013 - 13:59 oleh Nanang BNC

BANYUMAS (BNC) : Dalam rangka meningkatkan sistem deteksi dini dan cegah dini gejala kerawanan dalam masyarakat di masing-masing kecamatan, sebanyak 27 PNS dari seluruh kecamatan di Kabupaten Banyumas mengikuti Bimbingan Teknis Aparatur Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum.

 

Bintek direncanakan berlangsung selama 3 hari, mulai Senin sampai dengan Rabu, 17-19 Juni 2013 bertempat di Hotel Moro Seneng Baturraden. Kegiatan hari pertama diawali pembukaan yang dilakukan oleh Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan, dihadiri unsur Forkompinda dan para camat.

 

Asisten Pemerintahan dan Administrasi Sekda Kabupaten Banyumas, Drs Purwadi Santoso MHum selaku ketua panitia penyelenggara menyebut, bintek dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi pengumpulan bahan keterangan secara cepat, tepat dan akurat di setiap kecamatan. Hal ini sebagai bentuk dukungan taktis terhadap upaya perintisan dan penjaminan keberlangsungan pengembangan jaringan pangkalan data bidang kesatuan bangsa dan politik yang terintegrasi di Kabupaten Banyumas.

 

Adapun hasil yang diharapkan, lanjut Purwadi, adalah tersedianya SDM yang kapabel dalam pengumpulan bahan keterangan secara cepat, tepat dan akurat di setiap kecamatan; serta meningkatnya sistem deteksi dini dan cegah dini terhadap setiap gejala kerawanan dalam masyarakat.

 

Purwadi menjelaskan, ruang lingkup bintek meliputi pemahaman akan sebuah ancaman dan hakekat sebuah informasi bagi terwujudnya keamanan dan ketertiban umum, dan pengembangan metodologi pengumpulan, perumusan, penyusunan dan pelaporan bahan keterangan yang tepat dan akurat terhadap gejala-gejala maupun ancaman di kecamatan.

 

Materi yang diberikan meliputi bidang ketentraman dan ketertiban umum, serta metodologi pengumpulan, perumusan, penyusunan dan pelaporan informasi, yang disampaikan dengan metode in door (teori dalam ruangan) dan out door (praktek lapangan). Tenaga pengajar dan pendampingnya dari unsur Kepolisian Resor Banyumas, Kejaksaan Negeri Purwokerto, Kesbangpol Kabupaten Banyumas, dan Anggota Komunitas Intelijen Banyumas (din).

 

 

Tentang Penulis

Leave A Response