Suasana “Njawani” Warnai Perpisahan di SMPN 2 Kemangkon

Ditulis 09 Jun 2013 - 22:32 oleh Nanang BNC

PURBALINGGA (BNC) : Suasana njawani mewarnai acara pentas seni dan pelepasan siswa Klas 9 SMP Negeri 2 Kemangkon, Purbalingga yang digelar di lapangan sekolah setempat, Sabtu (8/6). Jajaran dewan guru yang semuanya mengenakan pakaian busana adat Jawa, dan tergabung ke dalam grup karawitan “Catur Angesti Laras” mengiringi para waranggana dari kalangan dewan guru dan anggota dharma wanita sekolah setempat. Suasana njawani semakin kental, karena  pembawa acara dan semua yang memberikan  sambutan termasuk sambutan dari kepala sekolah Ibnu haris Abantara S.Pd disampaikan dalam bahasa Jawa.

                “Suasana njawani ini kami hadirkan, sebagai upaya untuk nguri-uri budaya dan adat Jawa, agar kita sebagai orang Jawa tidak lupa dengan akar budaya kita sendiri,” ujar Ibnu haris Abantara  di sela-sela acara itu.

                Pada awal acara, jajaran dewan guru yang piawai memainkan alat musik gamelan, mengiringi para waranggana yang terdiri Ny. Nani Ibnu Haris, Paryati, Sulistyowati, Nur Khomsah, Esti Mugiarti dan Kanthi Suprihatin. Dengan piawai dan percaya diri, mereka membawakan Ladrang Wilujeng Laras Slendro Pathet Manyuro, Ladrang Wahyu Slendro Manyuro,Ketawang Walagita pelog 6,Ladrang Santi Mulyo pelog 6, Ladrang ayun-ayun pelog 6 dan Lancaran praon pelog 6 .

                Para siswa Klas 7, 8 dan 9 serta tamu undangan yang hadir pada acara itu pun dibuat kagum, dengan penampilan para guru SMPN 2 Kemangkon itu. Dan tepuk tangan membahana ketika setiap gending dibawakan dengan apik, kemudian berganti ke gending berikutnya.

                “Sudah tiga bulan terakhir ini, kami intens berlatih karawitan. Tidak hanya jajaran dewan guru, para siswa juga berlatih karawitan. Dan dalam waktu dekat,  kami juga akan segera membentuk grup campursari,” ujar Ibnu Haris.

                Grup karawitan Catur Angesti Laras, lanjut Ibnu Haris, selama ini dilatih oleh Sahirin S.Pd dan Kamsiti S.Pd, keduanya guru SMPN 2 Kemangkon.

                Seusai penampilan grup karawitan, dilanjutkan pentas seni, diantaranya menampilkan aneka tarian yang dibawakan oleh para siswa seperti  Tari Gambyong Banyumasan, Capat Cipit, Kukila, geguritan dan penampilan lagu-lagu pop. Sementara dalam kesempatan itu,dilepas 119 siswa Klas 9, yang tahun ini lulus 100 persen, dengan prestasi cukup membanggakan (tur)

Tentang Penulis

Leave A Response