Adipura Dikirab Keliling Kota

PURBALINGGA (BNC)  – Penghargaan Adipura yang kembali diraih  Purbalingga untuk kelima kalinya, akandikirab keliling kota, Selasa (11/6) siang. Kirab dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas kerja keras seluruh warga Purbalingga dalam meningkatkan kebersihan, keindahan dan kenyamanan kota.

Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko mengungkapkan, penghargaan Adipura merupakan hasil jerih payah seluruh lapisan masyarakat Purbalingga. “Penghargaan ini harus dipertanggungjawabkan di kemudian hari dengan terus meningkatkan kebersihan, keindahan, dan kenyamanan kota,” kata Bupati Heru, Minggu (9/6).

Heru mengatakan, kota purbalingga telah lima tahun berturut-turut memperoleh adipura. Hal ini memberikan konsekuensi logis yang berat bagi kita untuk menunjukkan kalau kita memang layak memperoleh penghargaan itu. “Penghargaan Adipura bukan sebagai tujuan utama. Yang terpenting pola hidup sehat dan bersih harus terus menjadi budaya masyarakat Purbalingga. Semua pihak juga perlu terus melaksanakan gerakan menanam dan memelihara pohon dan sekaligus menanamkan budaya bersih sejak dini,” kata Heru.

Sementara itu Kasubag Analisis dan Kemitraan media Bagian Humas Setda Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengungkapkan, penghargaan Adipura tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Penghargaan akan diterima langsung oleh Wakil Bupati Purbalingga Drs Sukento Ridho Marhaendrianto, MM dari Menteri Negara Lingkungan Hidup Prof Dr Balthasar Kambuaya, Senin (10/6) malam  di gedung Bidakara Jakarta.

“Tahun ini, Penghargaan yang diberikan oleh Presiden SBY untuk kota yang baru pertama kali meraih Adipura, dan kota yang meraih penghargaan Adipura Kencana serta penghargaan Kalpataru. Untuk kota yang menerima penghargaan Adipura ke-dua, tiga dan seterusnya diberikan oleh menteri LH, termasuk kota Purbalingga,” kata Prayitno.

Berkaitan dengan kirab Adipura, direncanakan akan diikuti mobil dan sepeda motor. Semua kendaraan dinas milik pejabat juga dikerahkan untuk memeriahkan kirab Adipura ini. Kirab akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dari batas kota Purbalingga di sub terminal Jompo dan berkeliling kota hingga finish di Pendapa Dipokusumo. “Pasukan kuning yang sangat berjasa ikut membersihkan kota secara rutin, juga akan disertakan dalam kirab,” kata Prayitno. (tur)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.