Warga Banjarnegara gunakan sumur gas alam

Ditulis 30 Jul 2009 - 23:41 oleh Banyumas1

sumur gas
Tiga dari sepuluh titik yang akan dibangun sumur gas alam di desa Sidongok Kecamatan Pajawaran Banjarnegara akan segera difungsikan. Bahkan satu sumur telah berfungsi yang terdapat di dusun Pancasan. “Sumur itu mampu memenuhi kebutuhan gas pada delapan keluarga.

“Dari sepuluh sumur yang sedang dalam tahap pengeboran satu sumur telah berfungsi dan langsung terkoneksi kepada delapan rumah tangga. Dua yang sudah jadi sementara ini masih ditutup, sedangkan yang lainnya masih tahap pengeboran,”kata         Kasi Geologi, Migas dan Sumber Daya Mineral Dinas ESDM Kabupaten Banjarnegara, Idrus Amrulloh kepada wartawan Kamis (30/07).

Pengeboran yang dilakukan ini merupakan bagian program diversifikasi energi Dinas ESDM Pemprov Jateng. Dipilihnya Desa Sidengok karena melihat pemanfaatan sumber gas rawa di daerah tersebut sudah berlangsung sekitar 7 tahun. Hanya saja pemanfaatnya masih bersifat tradisional. Sumur yang sudah dibangun tersebut langsung dihubungkan kepada warga dengan menggunakan pipa paralon.

Di Desa Sidengok dan sekitarnya, sebelumnya setidaknya 45 KK memanfaatkan keberadaan gas alam untuk keperluan masak sehari-hari dan mengeringkan pakaian. Apabila terbangun lebih banyak sumur lagi, ditargetkan satu dusun tersebut bisa menikmati semua. (banyumasnew.com/bna)

Tentang Penulis

Leave A Response