TMMD Gelar Pasar Murah

Ditulis 16 Mei 2013 - 08:33 oleh Nanang BNC

BANYUMAS (BNC)-Banyumas.Com- Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun 2013 yang dipusatkan di Desa Sibalung Kecamatan Kemranjen, Selasa (14/5) dimulai.  

Dalam rangka mendukung Kegiatan TMMD Sengkuyung I Tahun 2013, Pemkab Banyumas melalui kinerja Bagian Perekonomian Setda menggelar Pasar Murah bagi masyarakat sekitar lokasi TMMD, yang pelaksanaannya dipusatkan di halaman SDN Sibalung. Pembukan pasar murah dilaksanakan oleh Bupati, Ir Achmad Husein usai upacara pembukaan TMMD.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Banyumas, Drs Sugiyanto MM dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya pasar murah untuk membantu pemenuhan sebagian kebutuhan sembako bagi masyarakat miskin di sekitar lokasi TMMD, khususnya masyarakat Desa Sibalung Kecamatan Kemranjen.

Sugiyanto menyebut, Pasar Murah diikuti oleh dinas/instansi dan pihak swasta, antara lain: Dinperindagkop, Dipertanbunut, Bapeluh KP, Dinakan, PKK kabupaten dan kecamatan,  Dharma Wanita Kabupaten, Persit, GOW, Bhayangkari, PKL Binaan Dinperindagkop, PKL Binaan GOW, PNPN Kecamatan Kemranjen, Toko Rita, Toko Sri Ratu dan Toko Indorizky.

Barang yang dijual disesuaikan dengan permintaan masyarakat Sibalung yang telah disampaikan melalui Kepala Desa dan Ketua BPD, yaitu barang kelontong, aneka bumbu, aneka produk plastik, pakaian, perlengkapan sekolah, sirup, kecap, mie instant, roti, sabun pakaian pantas pakai, telur, gula pasir, makanan olahan, barang pecah belah, sepatu dan sandal, serta sembako.

Jumlah sembako yang dijual di pasar murah sebanyak 450 paket seharga seharga Rp 55.000 per paket, yang dijual hanya dengan harga Rp 25.000 per paket, artinya masyarakat mendapatkan subsidi sebesar Rp 30.000 per paket (54,55%).

Selain pasar murah, pada saat yang sama juga dilakukan pemeriksaan (cek) golongan darah, pelayanan donor darah, serta pemasangan alat kontrasepsi secara gratis dari Dinas Kesehatan dan Bapermas PKB dalam rangka pencanangan Tentara Manunggal KB Kesehatan (TMKK), juga pemberian 50 paket sembako gratis oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas kepada warga lanjut usia kurang mampu, dan peninjauan lokasi- lokasi TMMD yang akan dikerjakan (nan).

 

Tentang Penulis

Leave A Response