Husein: Perubahan dan Modernisasi harus Melalui Pendidikan

Ditulis 02 Mei 2013 - 12:58 oleh Nanang BNC

 

BANYUMAS BNC)- Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mentakan, pendidikan harus tetap menjadi lokomotif bagi perubahan dan modernisasi bangsa Indonesia. Karena itu jadikan peringatan Hardiknas tahun 2013 ini sebagai pilar kebangkitan pendidikan Indonesia sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, dan mampu bersaing dalam kancah pergaulan di dunia internasional, apapun yang menjadi persoalan dan tantangan bangsa kita.
Pernyataan ini disampaikan bupati melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati dr Budhi Setyawan padar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2013, Kamis (2/5) di halaman GOR Satria Purwokerto.
Bupati juga berharap, peringatan Hardiknas kali ini dapat dijadikan momentum untuk makin memperkokoh kesadaran dan komitmen bangsa akan pentingnya pendidikan bermutu bagi masa depan.
 
Dia menegaskan, pendidikan merupakan pilar utama kejayaan dan kemajuan bangsa, karena pendidikan memegang peran penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan SDM yang berkualitas, yang menjadi modalbangsa ini dapat bangkit dari keterpurukan yang tengah melanda, seiring meningkatnya rasa persatuan dan kesatuan, kebangsaan, patriotisme serta cinta tanah air.
Tema Hardiknas tahun 2013 adalah “meningkatkan akses berkualitas dan berkeadilan. Tema ini bertujuan untuk memperkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan tentang pentingnya dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa. Selain itu juga untuk mengkomunikasikan dan mensosialisasikan kebijakan dan hasil-hasil pembangunan pendidikan nasional.
Tema ini sesuai dengan misi Pemkab Banyumas di bidang pendidikan, yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui akses layanan pendidikan dan kesehatan yang murah dan berkualitas. “Perlu kita sadari, salah satu nilai unggul Kabupaten Banyumas dibandingkan daerah lain adalah Banyumas merupakan kota menengah yang sangat lengkap, karena memiliki infrastruktur pendidikan dari tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi” kata Husein.
Upacara Hardiknas dihadiri oleh unsur DPRD Kabupaten Banyumas, anggota Forkompinda Kabupaten Banyumas, para rektor/pimpinan Perguruan Tinggi di Kabupaten Bayumas, kepala dinas/lemtekda, kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Banyumas. Pesertanya para pegawai jajaran pendidikan, PGRI, KORPRI, OSIS, PRAMUKA dan PMR.
Usai upacara wabup menyerahkan piagam penghargaan kepada kepala TK/SD, guru TK/SD, pengawas TK/SD dan tutor teladan; piagam penghargaan dan trophy kejuaraan Festival Lomba Seni Suara Nasional (FLS2N) Tahun 2013, dan piagam penghargaan lomba pengembangan pendidik & tenaga kependidikan PAUDNI berprestasi tahun 2013.(mam)
 
Tentang Penulis

Leave A Response