Bupati Beri Bantuan Korban Bencana Baseh

Ditulis 30 Apr 2013 - 17:54 oleh Nanang BNC
BANYUMAS (BNC)-Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein Senin, (29/4) Kemarin, meninjau bencana alam tanah longsor di Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng, turut mendampingi dalam kegiatan tersebut asisten Ekonomi Pembangunan dan kesra, Staf ahli bidang ekonomi dan keuangan, kepala dinas ESDM, Kepala dinas SDABM, Inspektorat, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD), Kepala Dinsosnakertrans, Kepala Denperindagkop dan muspika Kedungbanteng.
Kepala BPBD Kabupaten Banyumas Drs. Yunianto MM menyampaikan, bencana alam tanah longsor yang terjadi di desa Baseh pernah terjadi 15 tahun yang lalu diakibatkan karena banyaknya resapan air jenuh sebagai akibat dari banyaknya kegiatan warga membuat kolam yang ada dilereng-lereng bukit tanpa ada pembuangan serta adanya pembuangan limbah  masyarakat yang berdampak  tingginya penyerapan air.
Yunianto menambahkan, terjadi peretakan tanah sepanjang kurang lebih 200 meter dan mengakibatkan 4 rumah penduduk di Rt. 3 Rw. 04 Dukuh Pelem Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng masing-masing milik Mustolih Sarif, Mukhardi, Kustoyo dan Santohid mengalami retak retak pada dinding dan laintai rumah tetapi tidak menimbulkan korban jiwa.
Yunianto juga menambahkan, langkah awal telah melaksanakan perhitungan resiko kerugian akibat bencana yang dilakukan oleh Tim Penilai Kerusakan dan Kerugian ( Dissassment Lost Asesment) dan untuk mengeliminer retakan susulan telah dilaksanakan sosialisasi kepada warga setempat pada hari minggu (28/4) kemarin oleh jajaran dinas instansi terkait yang intinya sebagai langkah awal warga untuk mengeringkan kolamnya, waspada apabila terjadi hujan, membuat drainase/saluran air dan melakukan penanaman pohon untuk memperkuat lereng supaya tidak terjadi pergeseran.
Usai menyerahkan bantuan Bupati  Achmad Husein menyampaikan, sebagai antisipasi awal masyarakat diminta untuk  mengeringkan kolamnya dan jangan membuat bangunan lagi supaya tidak menambah beban, serta waspada ketika  terjadi hujan ”sebagai langkah antisipasi saya menghimbau agar masyarakat untuk mengeringkan kolamnya, tidak membuat bangunan lagi dan waspada dimusim hujan “ ungkapnya
Husain juga menginstruksikan kepada jajaran Dinas instansi yang ikut mendampingi supaya dilaksanakan rapat secepatnya untuk membuat analisa yang tepat tentang kondisi yang ada bila mana perlu mendatangkan ahlinya dan melaporkan kepada BPBD Provinsi Jawa Tengah “segera laksanakan rapat untuk menangani retakan tanah ini supaya cepat menghasilkan analisa yang tepat datangkan ahlinya dan laporkan kepada BPBD Provinis Jawa Tengah” tegasnya (din)
Tentang Penulis

Leave A Response