Naik Rakit Seberangi Sungai Citanduy Demi ikut UN

Ditulis 18 Apr 2013 - 20:23 oleh Nanang BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
231
Dalam Tag
 CILACAP (BNC)-Puluhan siswa SMU Ciamis di Jawa Barat rela menantang bahaya dengan menyeberangi sungai Citanduy untuk menuju sekolahnya yang berada di wilayah Cilacap Jawa Tengah. Mereka setiap hari menggunakan rakit menyeberangi sungai yang membelah wilayah Jawa Barat-Jawa Tengah tersebut untuk mengikuti ujian nasional.
Saat hari masih sangat pagi para pelajar dari desa maruyungsari kecamatan padaherang Ciamis  Jawa Barat sudah pergi menuju ke tepi sungai. Kali ini mereka memilih berangkat lebih pagi karena kawatir terlambat datang sampai ke sekolah untuk mengikuti ujian nasional.
Sulitnya perjalanan menuju ke sekolah ternyata tidak menyurutkan semangat para pelajar di desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis Jawa Barat ini.demi mengikuti ujian nasional merekapun rela mengunakan rakit untuk sampai ke sekolahnya .
Ada sekitar 20 pelajar dari Padaherang ini memilih sekolah di Cilacap karena jaraknya yang lebih dekat. apalagi ditempuh dengan cara menyeberangi sungai Citanduy mereka hanya butuh waktu 30 menit.
Seperti yang dilakukan Irma (17), salah seorang pelajar SMUN 1 Kedungreja ini. karena tidak adanya jembatan  penyeberangan di wilayah ini, membuat mereka harus menyebrangi sungai dengan mengunakan rakit .Jika musim hujan seperti sekarang ini sangat berbahaya bagi perjalanan pelajar ini. karena sungai Citanduy yang dikenal ganas airnya sedang meluap.
“ Namun apa boleh buat, kami menempuhnya karena jika melalui jalan darat, waktu jarak tempuh bisa mencapai dua jam,”ujar Irma.
Mereka berjarap agar pemerintah pusat bisa segera membuatkan jembatan penyeberangan yang menghubungkan jawa-barat dengan Jawa Tengah ini. Karena kini jumlah pelajar dan warga yang menggunakan jalur tersebut semakin banyak (BNC/her).
Tentang Penulis

Leave A Response