75 Santri Meriahkan Pospeda

PURBALINGGA(BNC) – Sebanyak 375 santri dari 22 pondok pesantren se-Kabupaten Purbalingga memeriahkan Pekan Olahraga dan Seni Santri Pondok Pesantren (Pospeda) yang dilaksanakan di enam lokasi, Rabu (17/4). Pospeda yang kali pertama dilaksanakan di Kota Perwira ini, terdiri dari sembilan cabang lomba yang dilaksanakan hanya dalam waktu sehari.
.”Purbalingga memang baru kali ini menyelenggarakan Pospeda. Jadi, kali ini baru bidang seni, belum ke olahraganya dan hanya dilaksanakan sehari, bukan sepekan,” jelas Kepala Kantor Kemenag Purbalingga Rochiman SAg MH di sela-sela pelaksanakan Pospeda.
Bupati Drs H Heru Sudjatmoko MSi yang berkesempatan membuka Pospeda memberikan uang senilai Rp 7,5 juta untuk menambah uang pembinaan bagi para juara. Menurut Bupati, untuk kedepannya, pihak Kemenag untuk lebih aktif berkoordinasi dalam pelaksanaan Pospeda, karena ada anggaran untuk keagamaan.
“Karena tidak ada koordinasi dengan Pemda, ya saya nyumbang 7,5 juta saja untuk para juaranya, monggo dibagi sendiri,” ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.
Menurut Kepala Seksi Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren, Ahmad Muhdzir SAg MM, kesembilan cabang Pospeda yang dilombakan antara lain Hadrah atau Qasidah yang bertempat di Pendopo Dipokusumo, Fragmen dan Stand Up Comedy di Graha Srikandi, Pidato Bahasa Arab di Lantai 2 Kantor Kemenag, Pidato Bahasa Inggris di Aula Perwanida, dan Pidato Bahasa Indonesia di Aula Uswatun Khasanah.
“Kita juga menyelenggarakan cabang Kaligrafi, Seni Kriya dan Lomba Cipta Puisi di Gedung Dekopinda,” jelasnya.
Muhdzir mengatakan semua cabang ini kejuaraannya dipisahkan antara laki-laki dengan perempuan. Dan tidak semua pondok pesantren mengirimkan wakilnya dalam seluruh cabang lomba. Hadrah menjadi cabang lomba yang paling banyak diikuti perwakilan pondok pesantren sedangkan Stand Up Comedy menjadi cabang paling sepi peminat.(BNC/son)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.