Wabup Pergoki Siswi Menangis Usai Kerjakan Soal Matematika

Ditulis 18 Apr 2013 - 20:10 oleh Nanang BNC
PURBALINGGA(BNC)-, Seorang siswi menangis usai mengerjakan soal UN matematika. Sisiwi tersebut terlhat resah dan berkalikali menyeka air matanya. Kejadian ini sempat diketahui  Wakil Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto saat meninjau UN disejumlah sekolah.
Wabup mengaku tak mau menganggu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA barang sedetikpun. Ketika melakukan peninjauan pelaksanaan UN, Wabup hanya melongok dari luar. Wabup bersedia menemui siswa setelah UN hari ketiga selesai dilaksanakan.
” Saya hanya mengintip saja, tak akan menganggu konsentrasi siswa, kalau sedetikpun konsentrasinya bisa kacau dan butuh waktu bermenit-menit lagi siswa mengembalikan konsentrasi itu,” tutur Wabup disela-sela melakukan pemantauan di sejumlah sekolah, kemarin.
Sejumlah sekolah yang dipantau wabup antara lain MAN Purbalingga, SMA 2 Purbalingga, SMAN 1 Purbalingga, SMAN Bobotsari dan SMK Muhamadiyah Bobotsari. Wabup yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Iskhak, lebih banyak menanyakan kepada pemantau dari universitas, petugas polisi, maupun dari pengawas di ruang pengawas. Bahkan, disela-sela pemantauan, wabup lebih banyak meninjau ruangan guru dan ruang perpustakaan.
Suasana berbeda terjadi di SMA Muhamadiyah Bobotsari. Di sekolah itu bertepatan dengan jam usai ujian. Wabup Sukento sempat mendapati seorang siswi yang menangis usai mengerjakan soal matematika. Begitu keluar kelas Wabup menasehati agar tidak patah semangat, tetap belajar dan jangan lupa berdoa.
Di ruang kelas itu, wabup bersama kadisdik menyalami satu persatu siswa sembari memberikan dorongan semangat untuk menempuh ujian nasional di hari terakhir Kamis (18/4).

Wabup Sukento mengaku prihatin dan menyesal soal banyaknya siswa Kejar Paket C (setara SMA) yang tidak mengikuti ujian. Dari 525 siswa, ada 73 siswa yang tidak mengikuti ujian. Tiga memberikan alasan sakit, dan selebihnya 70 orang tidak memberikan keterangan. “Saya prihatin dan menyesal, sudah mengikuti pembelajaran selama ini, tetapi tinggal ujian saja tidak hadir,” kata Sukento.(BNC/ani)

Tentang Penulis

Leave A Response