Gubernur Jateng : LSM yang menolak pembangunan itu sontoloyo

Ditulis 30 Jul 2009 - 21:45 oleh Banyumas1

gubernur jateng bibit_waluyo15 lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang mensomasi Gubernur Jateng Bibit Waluyo sebagai LSM sontoloyo dan edan. Menurut Gubernur, 15 LSM yang mensomasi adalah mereka yang menolak pembangunan pabrik PT Semen Gresik (SG) di Sukolilo, Pati. “Kalau itu benar, berarti 13-15 LSM itu yang selama ini tidak setuju,” kata Gubernur sembari menyatakan dirinya siap menghadapi somasi yang dilancarkan LSM itu.

Gubernur berkilah, ketika menyebut LSM penolak pembangunan semen Gresik di Pati sebagai LSM yang sontoloyo dan edan (gila). Sebab gubernur  tidak menyebut LSM mana yang dimaksud.   “Saya tidak pernah menunjuk LSM A, B, atau C, hanya LSM saja,” kata Gubernur Bibit Waluyo kepada wartawan, Kamis (30/7).

Gubernur menegaskan, dirinya tidak tahu LSM mana saja yang disebutnya memprovokasi masyarakat sehingga menolak pembangunan pabrik semen.

Apa yang dilakukan LSM-LSM tersebut, merupakan hak yang bersangkutan. “Monggo saja kalau mau mengadukan saya. Itu haknya beliau. Tapi saya nggak pernah nunjuk-nunjuk LSM nya,” katanya.

Sebelumnya sebanyak 15 LSM penolak pembangunan pabrik SG di Pati mensomasi Gubernur karena menyebut sontoloyo dan edan. Mereka tergabung dalam Jaringan Advokasi Peduli Pegunungan Kendeng Utara yang terdiri atas Walhi, KONTRAS, Desantara, LBH, ANBTI, KRUHA, JATAM, ICEL, LBH YAPHI, HUMA, SARI, Madya, Society for Health, Education, Environment and Peace (SHEEP). Mereka menuntut Gubernur mengklarifikasi pernyataannya tersebut. Bila tidak maka jaringan LSM akan mengajukan gugatan secara perdata (banyumasnews.com/smg)

Tentang Penulis

Leave A Response