PMI Gelar Pelatihan Dasar Pembina PMR

Ditulis 12 Des 2012 - 12:06 oleh Nanang BNC


PURBALINGGA(BNC): Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga akan menggelar pelatihan dasar bagi pembina PMR tingkat Madya se-Purbalingga. Pelatihan akan dilakukan bertahap mulai 15 Desember 2012 di aula Balai Kelurahan Purbalingga Kidul, Purbalingga.

            Ketua PMI Purbalingga Drs Suyitno mengatakan, pelatihan dimaksudkan untuk penyegaran kembali mengenai pola pembinaan PMR di tingkat SMP/MTs bagi Pembina PMR SMP/MTs sesuai dengan Manajemen Pembinaan PMR yang dikeluarkan oleh Pengurus Pusat PMI. Selain itu, juga untuk memberikan pemahaman dan penguatan pembinaan di tingkat SMP/MTs sebagai tingkatan strategis dalam menyiapkan relawan di masa depan.

          “Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman materi kepalangmerahan sesuai dengan standarisasi pelatihan yang diterbitkan oleh Pengurus Pusat PMI, dan selanjutnya diharapkan menerapkan kembali hasil pelatihan dalam membentuk pola pembinaan PMR di pangkalan masing-masing berdasarkan Tri Bakti PMR,” kata Suyitno, Selasa (11/12).

            Sementara itu pembina PMR Rukmawan Suci Laswono, SE menambahkan, kegiatan yang akan dilakukan selama pelatihan terdiri sosialisasi manajemen pembinaan PMR dan peningkatan kapasitas keterampilan pembina berupa teori dan peragaan yang meliputi kepalangmerahan dan HPI (Hukum Perikemanusiaan Internasional), pertolongan pertama, perawatan keluarga, pendidikan remaja sebaya, ayo siaga bencana dan materi donor darah siswa. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. idebenone 16/12/2012 pukul 14:28 -

    Pembinaan PMR sekolah dituntut selalu kreatif dan innovatif dalam hal pengelolaan pelatihannya. Pembina diharapkan mampu menjadi fasilitator bagi PMR untuk pengembangan materi dan Tri Bakti PMR.

Leave A Response