Purbalingga Peringkat IV IGRA 2012

Ditulis 12 Des 2012 - 11:48 oleh Nanang BNC

PURBALINGGA (BNC): Kabupaten Purbalingga meraih peringkat IV sebagai kabupaten peraih IGRA (Indonesia Green Region Award)  tahun 2012. IGRA adalah penghargaan yang diberikan kepada daerah yang dianggap mempunyai komitmen, perhatian serta program nyata terkait isu lingkungan hidup. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si di Balai Kartini Jakarta, Selasa (11/12) siang.

            Kasubag Analisis dan Kemitraan Media Bagian Humas Setda Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengungkapkan, Kabupaten Purbalingga terpilih menjadi salah satu dari 19 kabupaten/kota se-Indonesia yang masuk finalis. ”Pada penentuan akhir, untuk kategori kabupaten, Purbalingga menempati posisi ke empat. Posisi pertama diraih Kabupaten Karanganyar. Meski posisi ke-empat, namun ini membuktikan bahwa Purbalingga termasuk kabupaten yang semakin peduli terhadap keberlangsungan lingkungan hidup secara terencana dan masif,” kata Prayitno, yang dihubungi Selasa (11/12) sore.

            Prayitno menambahkan, penilaian dilakukan oleh tim juri yang pada tahap awal panitia mengumpulkan data terkait kebijakan pemerintah daerah dalam hal lingkungan, bagaimana keterlibatan dan manfaat yang dirasakan masyarakat serta kerjasama yang dijalin dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam mendorong terlaksananya program-program lingkungan tersebut. Dari data yang dimiliki tersebut, enam panelis dari kalangan pemerintah, pemerhati lingkungan, media dan swasta menilai dan membuat rangking terhadap masing-masing pemerintah kabupaten/kota. Akhirnya, Purbalingga ditetapkan sebagai salah satu finalis untuk kategori kabupaten.

            ”Penghargaan yang digagas oleh majalah SWA dan  radio KBR68 H Jakarta ini dan didukung Kemnterian Negara Lingkungan Hidup ini pada intinya diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemerintah daerah untuk dapat memasukkan isu lingkungan kedalam setiap kebijakan dan program didaerah,” tambah Prayitno. (BNC/tgr))

Tentang Penulis

Leave A Response