Puting Beliung Landa Banyumas, Ratusan Rumah Rusak.

BANYUMAS (BNC): Angin puting beliung menyapu empat desa di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (09/12) sore. Akibatnya ratusan rumah  rusak, pohon yang tumbang juga menimpa masjid , mobil dan jaringan listrik.

Empat desa korban puting beliung yaitu Petir, Kalicupak Lor, Kalicupak Kidul dan Klahang Kecamatan Kalibagor, Banyumas. Tiupan angin menerbangkan atap rumah warga dan menumbangkan pohon, sehingga menimpa rumah, masjid dan mobil.

Selain itu pohon juga menimpa jaringan listrik, hingga listrik di wilayah purwokerto mati total .

Menurut warga, angin yang bertiup kencang disertai hujan ini berlangsung sekitar sepuluh menit.  “ Angin ini kemudian berputar-putar dan kemudian memporak porandakan atap rumah kami. Lalu kami berlarian keluar rumah,” ujar Sumirah warga Petir.

Meski tak ada korban jiwa dalam bencana ini. namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Warga pun bergotong-royong memperbaiki atap rumah dan menyingkirkan pohon-pohon tumbang.

Data hingga minggu malam, tercacac 105 rumah rusak berat dan ringan. Sementara sekitar 32 kepala keluarga terpaksa diungsikan ke rumah warga yang lebih aman (BNC/ira).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.