DPRD Batang Belajar Penataan Wisata di Purbalingga

Ditulis 27 Nov 2012 - 21:43 oleh Nanang BNC

PURBALINGGA (BNC) – Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Purbalingga Mukodam SPt mengatakan, peluang kunjungan wisata ibarat kue yang lezat. Sudah selayaknya, semua kabupaten/kota di Jawa Tengah saling bersinergi agar dapat bersama-sama menikmati lezatnya ‘kue’ wisata ini.

“Kabupaten / Kota jangan mementingkan egonya masing-masing. Mari kita bersinergi, jadi sebuah paket wisata bagi wisatawan di luar Jawa Tengah. Misalkan Paket Wisata Dieng – Owabong – Baturaden – Pantai Sigandu. Sehingga, wisatawan akan tertarik karena ternyata dengan satu kali perjalanan dapat berkunjung ke beberapa lokasi wisata yang menarik meskipun berbeda wilayah,” ujarnya saat mendampingi Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Sekda Ir Susilo Utamo, dalam menerima kunjungan kerja Komisi D DPRD Kabupaten Batang di ruang Rapat Bupati, Selasa (27/11).

Selain itu, Mukodam menambahkan, sebisa mungkin masing-masing daerah memiliki wahana yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain menimbulkan persaingan tidak sehat, wahana yang serupa satu obyek wisata dengan objek wisata lainnya juga menurunkan daya tarik dari wisatawan luar daerah karena terkesan jenis wisatanya seragam atau monoton.

“Hindari persaingan, sebaliknya seharusnya malah bermitra. Seperti di Purbalingga, ada Owabong ada Purbasari Pancuranmas. Tapi keduanya bukan untuk bersaing, tapi disatukan dalam sebuah paket wisata. Jadi kue ini tidak jadi rebutan, tapi semua mendapatkan bagian,” katanya.

Selain dari SKPD terkait, hadir pula pemilik Purbasari Pancuranmas, H Sarimun. Sarimun menjelaskan sejarah awal pendirian obyek wisata yang dibangun dari kantongnya sendiri. Setelah puas berdiskusi, rombongan langsung diajak menikmati keindahan Purbasari Pancuranmas dipandu langsung oleh Sarimun. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan ke Owabong dipandu oleh perwakilan PD Owabong.

Sebelum ke Purbalingga, sehari sebelumnya rombongan ini juga melakukan kunjungan kerja dengan tema yang sama ke Kabupaten Wonosobo. Lawatan ke Purbalingga ini sudah kedua kalinya bagi Kabupaten Batang. Sebelumnya rombongan pernah datang ke Kabupaten Purbalingga pada masa kepemimpinan Triyono Budi Sasongko. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response