Pembinaan Trantib Wilayah di Banyumas

BANYUMAS (BNC): Tidak kurang dari 400 orang yang terdiri dari anggota Muspika, para kades, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda dari Kecamatan Sokaraja, Kalibagor, Kembaran dan Sumbang, Rabu (7/11) kemarin mengikuti kegiatan Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Wilayah Kabupaten Banyumas Tahun 2012 yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Sokaraja.

Pembinaan Trantib merupakan kegiatan terpadu antara unsur pemerintah daerah, TNI dan POLRI yang diperuntukkan bagi para Camat, Danramil, Kapolsek, Kasi Trantib, Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah/Kades, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, dan Tokoh Ormas/Orpol tingkat kelurahan/desa dalam rangka meningkatkan keamanan, kenyamanan, ketentraman dan ketertiban wilayah di Kabupaten Banyumas.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyumas, Drs Imam Pamungkas BN MM menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka antisipasi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang penyelenggaraan Pemilukada tahun 2013. Total pesertanya 2.100 orang di seluruh wilayah Kabuapaten Banyumas, dibagi kedalam 7 kelompok berdasarkan Kawedanan/eks wilayah Pembantu Bupati.

Pembinaan di Kecamatan Sokaraja merupakan kegiatan putaran ke-5. Sebelumnya, kegiatan yang sama telah dilaksanakan di 4 lokasi yaitu di Pendopo Kecamatan Jatilawang (untuk 5 kecamatan : Lumbir, Wangon, Jatilawang, Purwojati dan Rawalo); Pendopo Kecamatan Sumpiuh (Tambak, Sumpiuh, Kemranjen); Pendopo Kecamatan Ajibarang (Ajibarang, Pekuncen, Gumelar, Cilongok); dan Aula Kecamatan Banyumas (Patikraja, Kebasen, Banyumas, Somagede).

Dua putaran lagi setelah Sokaraja adalah wilayah Purwokerto yang rencananya dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Karanglewas pada Senin (12/11), untuk Kecamatan Karanglewas, Kedungbanteng dan Baturraden; serta di Pendopo Wakil Bupati Banyumas pada Rabu (14/11) untuk 4 kecamatan di wilayah Eks Kotip Purwokerto.

Imam Pamungkas menambahkan, di setiap lokasi pembinaan, peserta akan diberikan materi tentang peran pemerintah daerah, TNI dan POLRI dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban wilayah di Kabupaten Banyumas. Narasumbernya Bupati Banyumas, Dandim 0701/Banyumas dan Kapolres Banyumas.(BNC/sbr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.