KPU tetapkan IJO pemenang Pilkada Brebes

Ditulis 16 Okt 2012 - 06:32 oleh Banyumas1

BREBES (BNC) – Pasangan Idza Priyanti, SE – Narjo (IJO) ditetapkan sebagai pemenang pilkada Brebes oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes sekaligus menetapkan sebagai pasangan calon terpilih sebagai Bupati/Wakil Bupati Brebes lima tahun ke depan. KPU menetapkan hal tsb setelah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara secara manual pada Sabtu (13/10).

IJO mendulang suara 452.120 (51.85%) sedangkan lawannya TAAT (Agung Widiantoro-Athoilah) mendulang 419.912 (48.155).  Sejumlah 21.455 (2.4%) kartu suara dinyatakan tidak sah.

IJO unggul di 10 kecamatan dari 17 kecamatan di Brebes umumnya di utara yaitu Ketanggungan, Larangan, Songgom, Banjarharjo, Tanjung, Kersana, Wanasari, Bulakamba, Losari dan Brebes. Sedangkan pasangan TAAT unggul di Brebes selatan yaitu di Sirampog, Tonjong, Paguyangan, Bumiayu, Bantarkawung, Salem dan hanya menyisakan kemenangan di satu kecamatan utara yaitu di Jatibarang.

Pilkada Brebes yang digelar Minggu (7/10) lalu diikuti 60.74% pemilih dari total DPT 1.471.123.  Tingkat partisipasi yang tidak maksimal ditengarai karena banyak perantau yang tidak pulang.

Lah arep mulih keprimen mas, neng Jakarta nembe sewulan, durung olih nggo ongkos wira-wiri. Terus lebaran haji sadela maning dadi ya sisan bae lah balike pas bada haji” (Mau pulang bagaimana mas, di Jakarta baru sebulan, belum dapat ongkos untuk pulang pergi. Terus lebaran haji juga sebentar lagi ya sekalian saja pulangnya  saat lebaran haji/idul adha), kata Amir Mustofa (36) asal Bumiayu yang bekerja di biro perjalanan di Jakarta. (BNC/Ist/ph)

 

Tentang Penulis

Leave A Response