Pilkada Brebes: versi Real Count Golkar TAAT Unggul; versi LSI IJO Unggul

Ditulis 08 Okt 2012 - 07:27 oleh Banyumas1

BREBES (BNC) – Hasil perhitungan berbeda dari perhitungan real (real count) dan perhitungan cepat (quick count) dalam Pilkada Brebes Minggu (07/10). Menurut hasil perhitungan real count dari DPD Golkar Jawa Tengah hingga pukul 18.10, pasangan calon H Agung Widyantoro SH MSi – H Athoillah SE MSi (Taat) unggul dalam perolehan sementara suara atas pesaingnya pasangan calon Hj Idza Priyanti SE – Narjo (IJO).

Pasangan Taat yang diusung Partai Golkar, PPP, PKB, PAN dan Hanura memperoleh 363.867 suara atau 50,27 persen, sementara pasangan Ijo yang diusung partai PDIP, PKS dan Gerindra memperoleh 359.889 suara atau 49,73 persen. Perhitungan tersebut berasal dari 2.570 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dari total TPS keseluruhan di Kabupaten Brebes sebanyak 3.047 TPS.

Hal tersebut diungkapkanĀ  Badan Pemenangan Pemilu DPD Golkar Jateng dalam jumpa pers Minggu malam. Menurut Bapilu DPD Golkar perhitungan real count yang dilakukan hingga jam 18.10, sementara ini Taat unggul dengan perolehan 50,27 persen, sementara pasangan Ijo 49,73 persen. Sstem perhitungan yang dilakukannya itu menggunakan metode real count dimana perhitungan suara berdasarkan data semple semua TPS yang diperoleh dari data saksi berupa formulir C1.

Sementara itu perhitungan yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melalui metode quick count menghasilkan perolehan suara yang berbeda. Dari sampling 250 TPS dengan margin error 1 %, pasangan IJO memperoleh suara 51,3 persen sedangkan pasangan TAAT memperoleh 48,7 persen. Hal ini dikatakan Ikmal Jaya, SE saat mengumumkan hasil perhitungan tsb di rumah dinas Idza Priyanti, SE.

Hasil perhitungan dengan selisih kurang dari 2 % (bahkan kurang dari 1 %) menurut berbagai kalangan sangat rawan gugatan. “Malam ini kami bergerak cepat untuk mengawal formulir C-1 untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan”, kata H Suprapto salah satu anggota DPRD dari Fraksi PAN yang mengusung TAAT. Hal demikian dilakukan pula oleh tim Sukses dan relawan IJO. (BNC/ph/ar/ist)

 

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Berita Remaja 08/10/2012 pukul 11:47 -

    Hasil yang kaya gini yang rawan akan gugatan di MK…

Leave A Response