PNS Masih Calon Haji Terbanyak

Ditulis 07 Sep 2012 - 20:46 oleh Nanang BNC

PURBALINGGA, HUMAS – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi jamaah calon haji terbanyak di Purbalingga. Jumlah PNS yang menjadi calon haji tahun ini sebanyak 131 orang dari 502 peserta. Sementara, para pensiunan PNS menjadi terbanyak kedua dengan jumlah 92 calon haji.

“Ya, PNS dan pensiunan masih menjadi peserta terbanyak seperti tahun lalu. Itu jika dilihat dari latar belakang profesi. Kalau dilihat dari latar belakang pendidikan, terbanyak dari lulusan SLTA dan terbanyak kedua dari lulusan SD,” jelas Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Purbalingga Yani Sutrisno UN SSos dalam siaran persnya, Jumat (7/9).

Menurut Yani, dari 502 calon haji seluruhnya belum ada yang berpengalaman haji sebelumnya. Hal ini terkait dengan adanya kebijakan bahwa haji diutamakan bagi yang sama sekali belum pernah menunaikannya.

“Belum ada yang berpengalaman haji sebelumnya, karena memang diprioritaskan bagi yang belum pernah. Termasuk TPHD dan TKHD, semuanya orang baru,” imbuhnya.

Tahun ini, Pemkab Purbalingga akan mengirimkan Tim Kesehatan Haji Daerah (TPHD) sebanyak 1 orang dan 2 orang Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD). Tiga orang petugas haji ini termasuk dalam 502 peserta tadi.

Sementara itu, untuk jumlah calon haji perempuan masih juga lebih banyak dari peserta laki-laki. Jumlah calon haji perempuan tahun ini mencapai 261 orang, sementara untuk laki-laki sebanyak 241.

Yani menambahkan untuk jadwal pemberangkatan belum ada kepastian hingga kini. Kemungkinan besar pemberangkatan akan dilakukan antara tanggal 25 – 29 September 2012. Untuk penentuan kloter dan jadwal pemberangkatan calon haji, baru akan dirapatkan  Kementrain Agama Provinsi Jateng pada hari Senin, 10 September 2012 di Semarang.

“Untuk seremonial pelepasan calon haji di Purbalingga akan dipusatkan di Pendopo Dipokusumo satu hari setelah penentuan kloter dan jadwal, yaitu tepatnya hari Selasa, 11 September 2012,” pungkasnya. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response