Rampak Bedug Al Azhar, Kompak dan Memukau

BANJARNEGARA, BNC  – Ribuan pemudik dan warga Banjarnegara yang berkumpul di Alun-alun setempat, Rabu (22/8) dihibur penampilan seni Rampak Bedug. Penampilan grup Rampak Bedug Al Azhar dari Desa Madukara, Kecamatan Madukara, Banjarnegara yang membawakan salawatan dan lagu-lagu bernuansa Islami, mampu memukau penonton.Penampilan rampak bedug diselingi seni hadroh secara bergantian.

Atraksi seni rampak beduk dan seni hadroh itu  sengaja digelar Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-181 Banjarnegara yang jatuh pada 22 Agustus 2012.

“Penampilan rampak bedugnya menarik dan atraktif, sehingga mampu menghibur kami yang sedang mudik,” ujar Silas Rumanti, pemudik dari Purworejo  kepada Harmas di sela-sela menonton atraksi itu, kemarin.

Rampak Bedug Al Azhar Desa Madukara, seperti diakui Kades Madukara Purwono didirikan pada tahun 2007, ketika Pemkab Banjarnegara menggelar lomba rampak bedug. Dari puluhan peserta yang tampil saat itu di Alun-alun Banjarnegara, grup rampak bedug Al Azhar dinobatkan sebagai juara satu.

“Sejak saat itu, kami selalu diundang oleh Pemkab Banjarnegara pada setiap perayaan hari jaid untuk tampil di Alun-alun,” ujar Purwono yang didampingi pimpinan grup rampak bedug  Al Azhar, Basuki dan manajernya, Amrullah.

Grup ini, ujar Purwono, tidak selalu rutin latihan. Hanya menjelang ditanggap saja, anggotanya getol melakukan latihan di kompleks Masjid Al Azhar Desa Madukara. Sekali mendapat tanggapan, grup ini mematok tarif sekitar Rp 2 juta.

Saat ini, grup rampak bedug ini memiliki empat bedug besar, 1 kentongan, 1 kenong ndan gendang. Dalam penampilannya, semua peralatan  itu dimainkan secara rampak, sehingga menghasilkan bunyi-bunyian yang rancak.

“Lewat grup ini, sekaligus kami ingin melestarikan seni Islami ini, agar tidak punah ditelan zaman.Saat ini, grup kami beranggotakan 14 orang, dan sering diundang pada acara hajatan, khitanan, peringatan ulang tahun, dan peringatan hari jadi Banjarnegara seperti ini,” timpal Amrullah. (BNc/tgr)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.