Ribuan Wisatawan Kunjungi Owabong

PURBALINGGA – Libur lebaran dimanfaatkan oleh para pemudik dan warga masyarakat menikmati Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong). Pada H+1 lebaran tercatat ada 11.700 pengunjung menikmati berbagai wahana yang berada di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga. Sementara, pengunjung Sanggaluri Park, dibawah manajemen Owabong tercatat 1.650 orang.

Humas Owabong Agus Dwiantoro mengatakan, pengunjung Owabong diperkirakan akan semakin meningkat hingga akhir libur lebaran pada Minggu (26/8) mendatang. Pada hari H lebaran saja sudah ada pengunjung sebanyak 1.516 orang, sementara pengunjung ke Sanggaluri tercatat 234 orang.

Begitu pula dengan cottage yang disediakan seluruhnya penuh tamu. “Sebanyak 42 kamar cottage Owabong seluruhnya sudah full,” kata Agus, Senin (20/8).

Dijelaskan Agus, kamar di cottage Owabong terdiri dari 10 kamar junior dengan tarif Rp 400 ribu, 30 kamar  family bertarif Rp 500 ribu, dan dua kamar VIP bertarif Rp 750 ribu. Harga ini belum termasuk surchage 20 persen dan tax 10 persen. “Tamu yang menginap hampir seluruhnya dari luar kota. Mereka selain bersilahturahmi di keluarganya, juga ingin bermalam di Owabong,” kata Agus.

Untuk tiket masuk Owabong, lanjut Agus, diberlakukan khusus selama liburan lebaran ini. Mulai 17 Agustus hingga 2 September 2012 tiket Owabong Rp 25 ribu, sedang tiket Sanggaluri Park 12 ribu. “Kenaikan harga tiket ini diimbangi juga dengan pertunjukkan berbagai hiburan musik serta bazar produk yang bekerjasama dengan mitra kerja Owabong,” kata Agus.

Agus menambahkan, pada lebaran ini pihak manajemen menambah sejumlah wahana baru misteri Tamtua (Tambang Tua). Wahana ini akan dibuka sejak pada hari pertama lebaran, Minggu, 19 Agustus 2012. Konsep wahana ini mirip rumah misteri di Taman Ancol, dengan track terpanjang dan didukung spesial effect (SFX) berupa permainan sensor, robotik.

”Wahana misteri Tamtua menggabungkan konsep budaya lokal, dunia klenik dan mistik Jawa serta  ritmik  Jawa. Termasuk hantu hantu klenik Jawa seperti pocong, gendruwo, tuyul. Awal permainan ini menyuguhkan ketegangan, namun akhirnya ditutup dengan fun,” kata Agus sembari menambahkan untuk masuk wahana ini dipungut biaya Rp 15 ribu.

Selain wahana Tamtua, Owabong juga menambah wahana permainan danau. Wahana itu terdiri penambahan mainan jetsky, bebek/paus air, kolam terapi air hangat. Sedang di Sanggaluri Park ada wahana baru  Swinger/ontang anting, taman lalu lintas, taman batu batuan, dolanan pintar, dan penambahan satwa reptile.

Manajemen Owabong saat ini menangani wisata utamanya yakni Owabong yang terdiri dengan berbagai wahana antara lain kolam olimpic, water slide, kolam arus, pesta air, ember tumpah, terapi ikan, go kart, jet coaster, wahana dirgantara, kolam air hangat, danau, arena bermain lumpur, tangkap ikan, flying fox, kolam tsunami, biskop empat dimensi. Fasilitas lain juga ada cottage untuk menginap, ruang pertemuan, serta fasilitas free hotspot. Selain itu, Owabong juga menangani Sanggar Luri Park (Sanggar Luru Ilmu) yang terdiri dari taman reptil, wahana pendidikan, rumah prestasi, museum uang, museum wayang dan artefak serta taman buah.  (BNC/tgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.