126 Siswa Terima Beasiswa Total 108,5 Juta

Ditulis 17 Agu 2012 - 19:14 oleh Yit BNC

PURBALINGGA  – Menjelang Lebaran, para siswa berprestasi utamanya yang memiliki nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi di tiap tingkatan, menerima beasiswa yang diserahkan langsung oleh Bupati Drs H Heru Sudjatmoko MSi. Penyerahan dilakukan di Pendopo Dipokusumo, Jumat (17/8).

“Anggaran ini bersumber dari DPA Dinas Pendidikan yang sebenarnya mencapai total Rp 222 juta. Namun untuk kali ini, baru tersalurkan Rp. 108,5 juta. Rencana, sisanya sebesar Rp 113,5 juta akan disalurkan untuk siswa yang berprestasi di berbagai bidang lomba hingga akhir Tahun Anggaran 2012,” jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan Yanuar Abidin SH dalam laporannya.

Menurut Yanuar, jumlah beasiswa berbeda tiap tingkatannya. Untuk SD/MI berjumlah Rp 750 ribu/ siswa, untuk SMP/MTs senilai Rp 1 juta dan untuk SMA/SMK/MA senilai Rp 1,25 juta. Untuk tingkatan SD diberikan kepada 54 siswa peringkat I-III nilai UN tertinggi tingkat kecamatan, sedangkan untuk MI dengan peringkat terbaik I-III tingkat kecamatan diberikan kepada 36 siswa.

Untuk SMP diberikan kepada peringkat 1-10 nilai UN terbaik se-Kabupaten sebanyak 10 siswa, MTs 5 siswa untuk peringkat dan tingkat yang sama. Sementara SMA diberikan kepada peringkat 1-5 jurusan IPA dan IPS tingkat Kabupaten sebanyak 10 siswa, MA dengan peringkat dan tingkat yang sama sebanyak 6 siswa. Sedangkan SMk, beasiswa diberikan kepada siswa dengan nilai UN terbaik peringkat 1-5 se-Kabupaten Purbalingga.

Salah satu penerima beasiswa ini Hana Fauziyyah Hanifin dari SMP Negeri 1 Purbalingga dengan nilai UN 39,20. Hana seperti yang diketahui peraih medali perunggu dalam “8th International Junior Science Olympiad (IJSO) 2011″ di Durban, Afrika Selatan. Hana mewakili Indonesia dalam bidang biologi dalam Olimpiade sains yunior yang diikuti 42 negara, 2-10 Desember 2011 lalu.

 

Fasilitasi Produk Olahan

Selain pemberian beasiswa, pada kesempatan yang sama, Bupati juga menyerahkan bantuan pengembangan produk olahan kepada 13 pengusaha mikro kecil dari berbagai kecamatan di Kabupaten Purbalingga. Bantuan itu bervariasi menurut kebutuhan masing-masing pengusaha mikro kecil.

Sebagai contoh Sujono dari Desa Selanegara Kaligondang memperoleh wajan penggorengan. Ada juga yang menerima mixer roti dan dynamo besar seperti Sulikhatun Khamidah pengusaha kue kring dari Desa Cipaku Mrebet. Atau Kuswanto pengusaha kecil Abon Lele dari Kembaran Kulon Kecamatan Purbalingga yang memperoleh peniris minyak.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Drs Agus Winarno MSi mengatakan sebagian bantuna telah didistribusikan dalam beberapa seremoni. Tujuan memberian fasilitas ini, agar para pengusaha kecil mikro semakin maju dalam usahanya. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response