Peringat HUT ke-51, Pramuka Gelar Ulang Janji

PURBALINGGA – Malam jelang Peringatan Hari Pramuka ke – 51 tahun 2012 sekelompok Pramuka Penegak Kabupaten Purbalingga mengelilingi perapian di halaman Pendopo Dipokusumo, Senin (13/8) malam. Kegiatan tersebut merupkan bagian dari Renungan Ulang janji yang dipimpin oleh Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kwartir Cabang Purbalingga.

Dalam ulang janji tersebut juga dihadiri para pengurus gerakan pramuka, Purbalingga, san pramuka penegak dari berbagai gugus depan (Gudep) di Purbalingga.

Dalam kesempatan tersebut Kamabicab menyalakan obor yang dipegang oleh seorang anggota Pramuka. Obor tersebut lalu digunakan untuk menyalakan sepuluh obor lainnya, sembari satu persatu mengucapkan Dasa Dharma Pramuka. Kesepuluh obor itu kemudian bersatu, untuk menyalakan sebuah perapian besar yang terletak tepat di tengah mereka. Selanjutnya dengan memegang Sang Merah Putih di dada Kamabicab memimpin Ulang Janji Pramuka dan mengucapkan Tri Satya yang ditirukan oleh seluruh peserta.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Hari Pramuka ke – 51. Selain renungan ulang janji yang dilakukan malam menjelang peringatan hari jadi, juga dilakukan beberapa kegiatan lain. Kegiatan tersebut antara lain ziarah ke taman makam pahlawan Purbosaroyo, upacara bendera serta pramuka peduli dengan melakukan gerakan kebersihan di sungai dan lingkungan kota.

Ka Kwartir Cabang Trisnanto Srihutumo, BE, S.Pd mengatakan tujuan dari kegiatan tahunan ini adalah untuk memperbaharui tekad dan semangat anggota pramuka. Selain itu juga untuk menumbuhkan semangat akan pentingnya pendidikan pramuka bagi generasi muda. (BNC/tgr)

Kegiatan ulang janji Pramuka di halaman Pendopo Dipokusumo dalam rangkaian peringatan HUT ke-51 Gerakan Pramuka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.