Posdaya Kalijaga adakan bazar Ramadhan dan bagikan paket sembako

Ditulis 12 Agu 2012 - 20:49 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Posdaya Kalijaga, lembaga keswadayaan masyarakat di Kelurahan Berkoh, Kec Purwokerto Selatan, Kab Banyumas, Minggu (12/08) mengadakan kegiatan amaliyah Ramadhan berupa pembagian santunan paket sembako untuk warga lanjut usia (lansia) tidak mampu, warga non lansia tidak mampu, santunan kepada anak yatim-piatu, dan bazar pakaian bekas pantas pakai berkualitas, bertempat di Perumahan Mutiara Pratama Berkoh Purwokerto.

Menurut H Santoso, S.Sos ketua panitia Amaliyah Ramadhan Posdaya Kalijaga, kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana ZIS (zakat, infak, shodaqoh) dari warga RW 02 Berkoh dan sekitarnya mencapai Rp. 12.235.000,- ditambah sumbangan 131 paket sembako seharga Rp. 50 rb – Rp. 75 ribu dari warga Perumahan Mutiara Pratama. Jumlah penerima meliputi 92 lansia tidak mampu, 142 warga non lansia tidak mampu, 10 anak yatim sehingga total penerima mencapai 242 orang.

Sedangkan untuk bazar pakaian bekas pantas pakai berkualitas berhasil dikumpulkan 300-an pieces, yang terutama dikumpulkan dari warga yang tinggal di Perumahan Mutiara Pratama. Pakaian pantas pakai dikemas dalam plastik dan dijual dengan harga antara Rp. 1000 – Rp. 2000, yang mendapat sambutan antusias warga tidak mampu di kelurahan Berkoh.

Event amaliyah Ramadhan ini didahului dengan kegiatan rutin bulanan Posdaya berupa pemeriksaan kesehatan para lansia (tensi, cek gula darah, asam urat, koelsterol) yang dilakukan oleh Puskesmas setempat dan dibantu mahasiwa kedokteran Unsoed dan penyuluhan kesehatan oleh Dr Kuncoro tentang penyakit jantung, dokter RS Elizabeth Purwokerto yang juga warga Perumahan Mutiara Pratama.

Kegiatan yang berlangsung di Perumahan Mutiara Pratama ini mendapat sambutan positif dari lurah Berkoh Warsono. Dalam sambutannya Posdaya Kalijaga sudah mendapat pengakuan dari propinsi dan diharapkan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain dalam menggalang kepedulian kepada warga sekitar yang tidak mampu. Posdaya Kalijaga sendiri sudah berdiri sejak 5 tahun lalu dan memiliki 4 pilar kegiatan, yaitu pilar ekonomi, pilar sosial, pilar kesehatan, dan pilar pendidikan.

“Kegiatan ini juga sangat baik untuk menyatukan warga yang tinggal di kompleks perumahan dan yang tinggal di pemukiman biasa, sehingga bisa menciptakan sinergi yang luar biasa, dan tidak ada gap antar warga perumahan dan non-perumahan”, kata H Bambang Sularso, Bsc penasehat Posdaya Kalijaga yang juga ketua RW 02 Berkoh. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response