12 Ton Beras untuk 2.390 Penyandang Cacat Miskin

Ditulis 12 Agu 2012 - 12:17 oleh Yit BNC

PURBALINGGA – Yayasan Perwira Sejahtera Purbalingga YPSP kembali menyalurkan bantuan 12 ton beras lebaran bagi para penyandang cacat miskin di kabupaten Purbalingga. Bantuan itu secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM kepada Ketua Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Purbalingga, Herwindo Tri Setia di halaman kantor YPSP komplek Pendopo Cahyana, Sabtu (11/8).

Ketua YPSP Drs H Munir menuturkan, bantuan beras lebaran kali ini jumlahnya mencapai 12 ton bagi 2390 penandang cacat miskin yang tersebar di 239 desa. Sebelumnya program beras lebaran juga pernah diluncurkan pada lebaran tahun lalu.

“Untuk menyalurkan beras lebaran kita bekerjasama dengan PD Puspahastama. Mereka akan mengedrop beras ke desa kemudian langsung diberikan kepada penca bersangkutan,” katanya.

Sejak YPSP dilounching oleh Bupati pada 12 Juli 2012, lanjut H Munir, telah menyalurkan bantuan mencapai Rp 237,6 juta. Diantaranya untuk program beras lebaran 1432 H Rp 86 juta, Bantuan beras rutin sejak Januari hingga Juli 2012 Rp 55,6 juta dan program beras lebaran 1433 H Rp 96 juta. Selain itu, tambah Munir, juga telah menyalurkan bantuan kursi roda sebanyak 35 buah, pemugaran rumah penca miskin 8 buah dan 1 buah perbaikan rumah korban puting beliung.

“Sasarannya adalah semua penyandang cacat miskin di kabupaten Purbalingga. Jumlahnya masih banyak yang belum terbantu YPSP,” tambahnya sembari mengharapkan kepedulian warga untuk bersama-sama memberi perhatian kepad para penyandang cacat miskin di Purbalingga.

Wakil Bupati Sukento yang juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Purbalingga sangat mengapresiasi terhadap usaha-usaha yang dilakukan YPSP. Menurut Wabup, meski sudah menunjukan aktifitasnya, namun ternyata masih banyak penyandang cacat miskin di Purbalingga butuh bantuan.

“Masih ada 9000 penyandang cacat membutuhkan uluran tangan kita,” katanya saat meluncurkan bantuan beras lebaran YPSP.

Karenanya Wabup mengajak warga purbalingga yang lebih beruntung untuk dapat bergabung dengan YPSP memberdayakan para penyandang cacat di Purbalingga. Dia juga berpesan kepada para pengelola YPSP untuk tidak mengendorkan semangat dalam mensosialisasikan YPSP di tengah-tengah masyarakat.

“Sebagaimana tugas dan fungsinya, YPSP diharapkan mampu menjadi jembatan bagi masyarakat yang mempunyai keluasan rezeki, untuk ikut membantu meringankan para penyandang cacat yang kurang beruntung,” pungkas Wabup. (BNC/tgr)

Yayasan Perwira Sejahtera Purbalingga YPSP kembali menyalurkan bantuan 12 ton beras lebaran bagi para penyandang cacat miskin di Kabupaten Purbalingga. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response