Waspadai macet di perlintasan KA Sumpiuh dan Karanganyar

Ditulis 11 Agu 2012 - 12:59 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Anda yang mau mudik lebaran melawati jalur selatan Jawa Tengah harus bersiap melewati titik rawan utama kemacetan. Sebagaimana diingatkan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Jateng,  terdapat sembilan titik rawan macet dan kecelakaan di Jawa Tengah dan dua di antaranya terletak di Jawa Tengah selatan.

Dua titik itu adalah perlintasan sebidang di Sumpiuh Banyumas dan perlintasan sebidang di Karanganyar Kebumen. Berdasar pantauan BNC, perlintasan sebidang di Karanganyar sampai Jum’at (10/12) masih dalam pengerjaan pelebaran dan lalu lintas sebagian dialihkan ke perlintasan di sebelah timur perlintasan utama. Sedangkan perlintasan di Sumpiuh sudah sejajar dengan jalan raya sehingga tidak ada lagi penyempitan di perlintasan (bottle neck) yang sering memperparah kemacetan. Sedangkan perlintasan Kutowinangun Kebumen yang tahun sebelumnya juga menjadi titik rawan macet kini sudah diperlebar.

Adapun  ke-sembilan titik rawan macet di Jateng adalah Fly Over Kalibanteng Kota Semarang, Jalur Keluar tol Ungaran-Semarang, Jalur keluar tol Kanci-Pejagan Brebes, Simpang Perlintasan Kereta Api Sebidang Pejagan Brebes, Jalan Ruas Bawen-Boyolali, Perlintasan Sebidang Sumpiuh Banyumas, Perlintasan Sebidang di Karanganyar Kebumen,  Jembatan Kabuyutan Tanjung Brebes, dan Ruas Jalan Ciregol.

Sejumlah titik  di Jawa Tengah perlu diwaspadai karena  sedang dalam perbaikan atau pengerjaan proyek sehingga rawan kemacetan dan kecelakaan. Lokasi yang sedang dalam perbaikan seperti di fly over Kalibanteng Kota Semarang, jembatan Kabuyutan Tanjung Brebes, perlintasan sebidang Karanganyar Kebumen dan ruas jalan Ciregol. Mulai tanggal 6 Agustus untuk Ciregol sudah boleh dilalui kendaraan di bawah 16 ton, dimana sepeda motor, mobil pribadi, truk engkel, dan bus sudah diperbolehkan lewat tanjakan Ciregol.

Seiring meningkatnya frekwensi perjalanan kereta api maka potensi kemacetan bakal terjadi di perlintasan sebidang kereta api. Secara umum jalur jalan raya sudah lebih mulus dan siap dilalui pemudik. Pemerintah melalui Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Jateng, Urip Sihabudin Rabu (8/8)  menjamin pada hari H-10 semua semua perbaikan dan pengerjaan proyek sudah selesai. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response