Fakultas Biologi Unsoed Pusat Informasi Keragaman Ikan Air Tawar

PURWOKERTO (BNC)-Fakultas Biologi terus menunjukkan eksistensinya. Kali ini melalui LaboratoriumTaksonomi Hewan rumah para biolog ini telah mencanangkan untuk menjadi Pusat Informasi Keragaman Ikan Air  Tawar Banyumas. Sebagai langkah awal telah dilakukan penelitian untuk melihat keanekaragaman ikan di Sungai Cileumeuh. Penelitian dengan judul “DiversitasIkan di Sungai Cileumeuh: Upaya Menuju Laboratorium Taksonomi Hewan sebagai Pusat Informasi Keragaman Ikan Air Tawar Banyumas” ini dipimpin langsung seorang taksonom muda yaitu Dr. Agus Nuryanto, S.Si.,M.Si. Hasilnya telah diidentifikasi 24 spesies yang menghuni sepanjang sungai Cileumeuh.

Caption: Dr. Agus Nuryanto, S.Si.,M.Si, taksonom muda Unsoed (foto: BNC/endang)

Dr. Agus Nuryanto, S.Si.,M.Si menjelaskan bahwa dipilihnya sungai Cileumeuh karena sampai saat ini diversitas ikan di sungai ini belum terdeteksi. Hal ini disebabkan karena sungai ini berukuran relative kecil dan kalah popular dengan sungai Klawing atau sungai Serayu yang membelah kabupaten Banyumas. “Diversitas ikan di sungai berukuran kecil juga sangat menarik untuk diteliti karena biasanya ada endemic spesies sungai dan saluran kecil” jelas beliau. Oleh karena itu sangat penting untuk dilakukan studi diversitasikan di Sungai Cileumeuh dalam rangka menyediakan data base lengkap mengenai keragaman spesiesikan air tawar Banyumas.

Setelah melakukan analisis secara deskriptif data morfologi ikan yang diambil dari 8 stasiun yang mewakili bagianhulu, tengah dan hilir didapatkan 24 spesies. Spesies tercakup di dalam 10 familiaya itu Clariidae, Loricariidae, Bagridae, Cichlidae, Synbranchidae, Channidae, Belontiidae, Anabantidae, Cyprinidae, dan Poecilidae.  “Dari data yang kami peroleh keragaman ikan di Sungai Cileumeuh masih cukup tinggi, hal tersebut didukung dengan kondisi fisik-kimiawi, perairan di Sungai Cileumeuh masing cukup baik untuk mendukung kehidupan ikan” Jelas Pak Agus.

Kajian ini hanyalah rangkaian awal dari tujuan besar Laboratorium Taksonomi Hewan Fakultas Biologi Unsoed untuk menjadi Pusat Informasi Keragaman Ikan Air Tawar Banyumas. Selama lima tahun kedepan akan dikaji lebih dalam lagi diversitas ikan air tawar diberbagai wilayah di Banyumas. “Kami sudah mendapatkan lampu hijau dari pihak  terkait untuk secara konsisten melanjutkan penelitian ini pada tahun-tahun berikutnya, sebagai contoh tahun ini kami dari Laboratorium Taksonomi Hewan mendapat hibah Riset Institusi tahun 2012 untuk melakukan kajian kekayaan spesies ikan di Sungai Cijalu.” ungkap Pak Agus. Lebih dalam beliau menegaskan bahwa saat ini tim akan fokus dalam mencari data sebanyak-banyaknya mengenai diversitas ikan di daerah ini sehingga data dapat terkumpul secara maksimal. “Saya berharap dalam 5 atau 6 tahun mendatang Fakultas Biologi menjadi tujuan utama bagi para peneliti, pemerhati lingkungan ataupun pihak-pihak yang menginginkan informasi mengenai jenis-jenis ikan air tawar yang ada di Banyumas.” Harap beliau. Maju Terus Pantang Menyerah !. (BNC/ens)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.