Kereta Nggawe Reang di Sanggaluri Park

Ditulis 10 Agu 2012 - 20:23 oleh Yit BNC

PURBALINGGA – Sanggar Luru Ilmu (Sanggaluri) Park di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Purbalingga menambah wahana permainan baru, mini train. Wahana ini berada di sebelah arena trampolin dan menyatu dengan kompleks taman buah. Meski wahana mini train lebih diperuntukan bagi anak-anak, namun tidak sedikit pula orang tua yang ingin menikmatinya.

”Komitmen kami setiap tahun akan menambah sedikitnya dua wahana baru.  Untuk tahun ini kami bahkan menambah tiga wahana baru, masing-masing jet coaster dan puri misteri di kompleks Owabong, serta dan wahana mini train di Sanggaluri Park,” kata Humas Owabong Agus Dwiyantoro, kemarin.

Wahana mini train, jelas Agus, memiliki 1 gerbong dan empat loko. Rangkaian ini mampu membawa 4 orang anak-anak setiap gerbongnya, dan dua penumpang di bagian loko. ”Semenjak diluncurkan, wahana ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Sehingga banyak anak-anak yang rewel meminta orang tuanya untuk mencoba mini train. Jadi seringkali, mini train ini membuat reang (ramai-red) anak-anak, sehingga kami sebut juga kereta nggawe reang,” ujar Agus.

Disebutkan Agus, untuk setiap penumpang, dipungut biaya Rp 5.000,-. Tiket ini untuk perjalanan 3 putaran dengan sekali memutar sejauh 93 meter. ”Pada hari biasa, penumpang kereta ini rata-rata 200 – 300 anak,” ujar Agus.

Rute yang ditemput, lanjut Agus, di-setting seperti melewati pegunungan. Biasanya, wahana serupa di tempat lain, hanya membuat rute lurus dan mendatar. Namun, mini train di Sanggaluri rutenya dibuat sedikit naik dan setting pegunungan. ”Kami masih akan terus membenahi wahana ini, misanya dengan menambah bunyi-bunyian seperti layaknya orang naik kereta. Untuk jangka waktu kedepan, kami rencanakan pula, lintasan kereta akan dibuat lebih panjang lagi dengan mengelilingi taman buah, dan keretanya juga dibuat lebih besar,” ujar Agus sembari menambahkan untuk menggerakkan mini train menggunakan daya listrik.

Sanggaluri Park dibawah manajemen Perusahaan Daerah (PD) Owabong kini memiliki berbagai wahana menarik. Wahana tersebut antara lain taman reptil, museum serangga, museum uang, museum wayang dan artefak, wahana iptek, rumah boneka, rumah prestasi, arena trampolin, camping ground, play ground, dan taman buah.

”Kami juga menawarkan paket edukasi outdoor activity. Paket tersebut seperti pengawetan serangga, anatomi/pembedahan, dan paket klasifikasi antropodha serta reptilia,” tambah Agus. (tgr)

Wahana mini train menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak yang mengunjungi Sanggaluri Park di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Purbalingga. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response