Kepergok Polisi, Tiga Komplotan Maling Gabah Asal Jabar Dibekuk

PURBALINGGA – Tiga orang komplotan pencuri gabah di ricemill (penggilingan padi) berhasil dibekuk polisi beberapa saat usai melakukan pencurian. Komplotan tersebut beraksi di penggilingan padi milik Darun Darmuji (50) warga Desa Sempor, Kecamatan Kalogondang, Purbalingga. Pelaku yang sempat dipergoki polisi, kabur ke arah Banjarnegara dan akhirnya berhasil dibekuk di Desa Kaselip Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara. Komplotan tersebut sempat membawa lari 10 karung gabah senilai Rp 2 juta.

Tiga pelaku yang ditangkap masing-masing Turyono (36) warga Desa Mekarsari, Kecamatan Padasuka, Kabupaten Cimahi, Karno (25) warga Desa Egar Manah Kampung Turunan, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur dan Deding Herdiana warga Desa Margajaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Para pencuri yang beraksi sekitar pukul 03.45 WIB, Sabtu (4/8) lalu sempat dipergoki Brigadir Priyono anggota Polsek Kaligondang.  Rumah Priyono berhadapan  dengan tempat penggilingan padi milik korban. Priyono sempat mencurigai sebuah mobil pick up masuk ke halaman tempat penggilingan padi. Selang beberapa saat, tiga orang keluar dari mobil dan langsung masuk kedalam gudang. Ketiganya kemudian menaikan sejumlah karung gabah ke dalam mobil. Priyono yang curiga langsung mendekati mobil tersebut.

Ketika didekati, komplotan maling tersebut langsung kabur. Priyono berusaha menghentikan laju mobil tersebut dengan melempari pelaku dengan menggunakan batu. Lemparan batu itu mengenai kaca depan hingga pecah. Meski begitu, pelaku langsung kabur ke arah Timur. Priyono langsung mengontak kantornya di Polsek Kaligondang dan menyebarkan informasi tersebut ke seluruh Polsek untuk mengepung pelaku.

Anggota Polsek Kaligondang bekerjasma dengan Polres Banjarnegara melakukan pengejaran para tersangka. Sekitar pukul 06.00 Polsek Kaligondang jika pelaku telah ditangkap di Desa Kaselip, Kecamatan Wanadadi,  Banjarnegara. ”Para pelaku kini kami amankan di Mapolres Purbalingga. Pelaku diduga sudah beberapa kali beraksi dengan sasaran tempat penggilingan padi,” ,” kata Kapolres Purbalingga AKBP Ferdy Sambo melalui Kapolsek Kaligondang AKP Khomsiyah, Rabu (8/8).

Khomsiyah menambahkan, tersangka pelaku dijerat dengan pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara. (tgr)

 

Tiga pelaku perampok dengan sasaran penggilingan padi. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.