Polres Purbalingga Buka Layanan Konseling Psikologi

Ditulis 09 Agu 2012 - 08:40 oleh Yit BNC

* Satu-satunya di Jateng

PURBALINGGA – Polres Purbalingga menjadi satu-satunya istitusi kepolisian di wilayah Polda Jawa Tengah yang memberikan pelayanan konseling psikologi bagi anggota dan masyarakat umum. Ruang pelayanan konseling psikologi ini menempati ruang bagian belakang Klinik Kesehatan Polres Purbalingga yang berlokasi di Jalan Komisaris Noto Sumarsono, tak jauh dari Rumah Dinas Kapolres Purbalingga.

Kabag Psikologi Polda Jateng AKBP Hari Prasetyo S.Psi M.Psi  mengatakan bahwa polisi merupakan profesi yang paling mudah terkena stres. Pekerjaan polisi sangat banyak dan dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat dengan gaji yang tidak terlalu banyak. Karenanya dibutuhkan konselor.

“Masih ada stigma dari masyarakat yang menganggap bahwa orang yang datang ke psikolog merupakan orang yang tidak sehat. Padahal jika ditelisik mereka yang datang ke psikolog adalah orang sehat. Ini menjadi tantangan pertama bagi para petugas untuk mensosialisasikan keberadaan layanan ini,” katanya di sela-sela peresmian Ruang Pelayanan Konseling Psikologi Polres Purbalingga, Rabu (8/8).

Peresmian Ruang Pelayanan Konseling

Kapolres Purbalingga AKBP Ferdy Sambo menandatangani prasasti peresmian Ruang pelayanan konseling psikologi. (Foto : BNC/tgr)

Peresmian ruang pelayanan konseling psikologi, ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kapolres dengan Rektor UMP dan penandatanganan prasasti. Hadir pada acara itu, Asisten Pemerintahan Kodadiyanto SH MM mewakili Bupati, jajaran forum kordinasi pimpinan daerah (FKPD), Kepala Dinas/Lembaga dan para Kapolsek di Jajaran Polres Purbalingga.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) DR H Samsuhadi Irsyad MH yang hadir pada acara itu mengatakan, masyarakat sangat membutuhkan bantuan layanan konseling untuk menyelesaikan permasalahannya. Keberadaan layanan ini sesuai dengan moto polisi yaitu memberikan pelayanan prima yang anti kekerasan dan anti korupsi.

“Banyak aspek secara psikologis menjadi mudah ditangani oleh polisi bila polisi memiliki ilmu dan keahlian dalam menangani psikologi orang,” katanya.

Kapolres Purbalingga, AKBP Ferdy Sambo SH SIK MH mengatakan Ruang Pelayanan Konseling Polres Purbalingga merupakan terobosan baru yang dilakukan. Bahkan rupanya menjadi yang pertama di Polda Jateng sekaligus di Indonesia. “Untuk mendapatkan layanan ini gratis. Tidak hanya untuk anggota Polri saja, namun juga untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan konseling, termasuk untuk jajaran dinas/instansi di Purbalingga,” katanya.

Masyarakat yang datang akan langsung ditangani oleh tujuh polisi sarjana psikologi lulusan UMP yang hasil konsultasinya dijamin kerahasiannya. “Kami mengusung motto, Kami Peduli, Mengerti dan Siap Berbagi. Tentu dengan tidak melupakan aspek kerahasiaan. Itu kami jamin,” tandasnya. (tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response