Bursa Cagub Jateng 2013, PDIP Munculkan Nama Triyono BS

Ditulis 09 Agu 2012 - 07:50 oleh Yit BNC

PURBALINGGA – Bursa calon gubernur (cagub) Jateng melalui PDI Perjuangan mulai bermunculan. Nama mantan bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko (TBS) disebut-sebut akan diusulkan oleh DPC PDI Perjuangan Purbalingga. Meski demikian, secara resmi belum didaftarkan ke DPD PDIP Jateng yang telah membuka pendaftaran cagub-cawagub sejak 5 Agustus 2012.

Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Purbalingga, Catur Satyo Utomo mengatakan suara DPC PDIP Purbalingga sudah bulat untuk menyodorkan nama Bupati Purbalingga periode 2000-2005 dan 2005-2010 itu dalam bursa .

Menurut Catur, Triyono Budi Sasongko memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memimpin Jawa Tengah. Catur mengatakan, program stimulan Perbaikan Rumah Keluarga Miskin (PSPR Gakin) dan JPKM adalah contoh nyatanya. “Dia kami usung karena sukses memimpin Purbalingga selama dua periode,” kata Catur.

Catur mengatakan, PDIP sudah mulai menjajagi kemungkinan untuk mewujudkan cita-cita yang tertunda tersebut. “Tapi nanti ya pengajuannya melalui mekanisme partai,” tutur Catur yang juga Ketua PAC PDIP Pengadegan.

PDIP Purbalingga juga sudah berkomunikasi dengan rekan-rekan kader PDIP di eks-Karesidenan Banyumas, beberapa waktu lalu. Menurut Catur, rekan-rekan juga menyambut baik usulan tersebut.

TBS Fokus Kerja

Atas wacana tersebut, Triyono BS yang dikonfirmasi Harmas melalui sambungan telepon, Senin (6/8) sore mengaku belum pernah dikonfirmasi untuk dicalonkan sebagai cagub maupun cawagub Jateng. Sejauh ini, TBS masih fokus bertugas sebagai PNS di Kemendagri RI.

Termasuk jika ternyata Partai Banteng Moncong Putih itu menghendaki untuk dicalonkan, Triyono memilih tidak mau berandai-andai. “Saya fokus dulu sebagai PNS untuk menyelesaikan tugas-tugas di Kemendagri,” kata TBS.

Jika ada yang mengusulkan, Triyono Budi Sasongko menyamsampaikan terima kasih dan penghargaannya. “Saya tidak ada niatan maupun pikiran untuk mencalonkan diri sebagai cagub atau cawagub,” ujar  TBS.

Seperti diberitakan, mulai 5 Agustus kemarin, PDI Perjuangan sudah membuka lowongan penjaringan calon gubernur. Gubernur Bibit Waluyo sudah menyatakan siap maju lagi, sementara Rustriningsih masih mempertimbangkannya. Bibit Waluyo jika tidak diusung oleh PDIP kemungkinan akan menyeberang ke Golkar sebagai kendaraan politiknya. (tgr)

Drs H Triyono Budi Sasongko, M.Si

Tentang Penulis

Leave A Response