Resah Padi Diserang Hama, Ratusan Petani Gropyokan Tikus

Ditulis 28 Jun 2012 - 16:43 oleh Banyumas1

 

BANYUMAS- Resah akibat tanaman padi yang terus menerus diserang hama tikus. puluhan petani dan anak anak Di Desa Kalicupak Kecamatan Kalibagor, Kamis (28/06) siang melakukan pembasmian dengan cara gropyokan. hasilnya. Ratusan tikus berhasil ditangkap. cara ini lumayan efektiv mengurangi jumlah hama pengerat yang menyerang tanaman mereka..

 Menurut petani di areal persawahan Desa Kalicupak ini tanaman padi milik petani setempat yang kerap menjadi sasaran hama tikus. Dibanding hama lainnya. hama ini tergolong sulit dibasmi . karena harus dilakukan secara terus menerus.

 

Petani dan anak anak mereka melakukan pembasmian dengan cara berburu langsung. Cara manual ini cukup evektif dan mampu menangkap ratusan tikus yang selama ini merusak tanaman padi mereka.

Agar tikus tersebut mau keluar dari lubang. petani menggunakan cara pengasapan. Cara ini ternyata membuat hewan tersebut keluar dari sarangnya. petanipun beramai ramai menangkapnya.

Sebagian anak anak bahkan berburu langsung dengan menggunakan alat pemukul. Mereka kemudian membawa tangkapan tikus tersebut untuk dikumpulkan. hewan ini sebagian dibuang. namun ada juga yang memanfaatkan untuk pakan ikan.

Menurut Harsono, salah seorang petani, terdapat sekitar 70 hektar lebih sawah yang mereka tanami rusak akibat hama tersebut. “ Jika tidak dilakukan pembasmian secara rutin. tanaman padi mereka terancam gagal panen,” ujarnya (BNC/nan).

Tentang Penulis

Leave A Response