Pertama di Jateng dan DIY, SMKM 2 Ajibarang Buka Kelas Khusus Honda

Ditulis 27 Jun 2012 - 17:16 oleh Banyumas1

BANYUMAS- SMK 2 Muhammadiyah Ajibarang bekerjasama dengan PT.Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda  .

Kepala SMK Muhammadiyah 2 AJibarang Imron Witikno, berpandangan, kerjasama antara pihaknya dan AHM, dalam hal kurikulum teknik sepeda motor, merupakan langkah positif. “Saya kira, ini adalah hal positif. Kerjasama ini dapat melahirkan tenaga-tenaga profesional muda yang penuh talenta,”tuturnya usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT AHM dengan SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang pada Jumat (22/6) kemarin.
Dia berpendapat, kerja sama ini sangat menunjang dunia pendidikan. Tidak itu saja, kerjasama ini pun sekaligus menyinergikan dunia pendidikan dengan industri dan teknologi. “Kami harap, program dan kerjasama ini membuat anak didik dapat memiliki ilmu sehingga dapat mereka manfaatkan, baik menjadi pekerja atau membuka usaha pasca kelulusan,”kata Imron.
Imron mengucapkan terima kasih kepada PT AHM Indonesia yang mau bekerjasama dengan sekolahnya. Karena program ini, maka akan membantu anak-anak bangsa untuk bisa kompetitif, agar setiap lulusan SMK sepeda motor bisa bekerja dan bekerjasama, sekaligus mendapat bimbingan dari PT AHM.
Sementara itu, Senior General Manager PT Astra Honda Motor, Handy Hariko, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya telah melakukan hal yang sama kepada 35 sekolah di Indonesia. Untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, baru SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang yang pertama kali membuka kelas khusus Honda.
“Karenanya kita akan mempersiapkan kerjasama seperti ini kepada SMK di Kabupaten Banyumas maupun di daerah Jawa Tengah serta provinsi lain yang ada di Indonesia. Tapi, harus ada izin dari pemerintah daerah setempat khususnya Dinas Pendidikan,”katanya.
Dijelaskannya, program ini merupakan wujud dari Astra Honda Motor. Dan, program ini yang telah diterapkan di sekolah-sekolah merupakan program unggulan dari PT AHM Indonesia, karena program ini sangat tepat yang dikembangkan oleh PT Astra Internasional dalam membangun bangsa.
“Kepada siswa SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang, khususnya jurusan sepeda motor harus mampu menjadi pelopor atau contoh bagaimana bisa bekerja dengan baik. Sehingga bisa membuka lapangan kerja perbengkelan di daerahnya masing-masing,”harapnya.
Lebih lanjut Handy mengatakan, sebagai produsen sepeda motor terbesar, pihaknya selalu berusaha untuk dapat menjadi perusahaan yang dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara, termasuk di bidang pendidikan.
“Kami mewujudkan keseriusan komitmen kami terhadap bidang pendidikan di Indonesia melalui program nasional ini. Melalui program ini, kami berharap generasi muda Indonesia dapat menunjukkan kompetensinya di dunia usaha, khususnya di industri otomotif roda dua terutama terhadap teknologi terbaru,”ujarnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Muspika Ajibarang, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Banyumas Apenk Sunarto, Pimpinan Dikdasmen Muhammadiyah Banyumas, jajaran AHM Jogjakarta, kepala sekolah SMP dan SMK di sekitar kecamatan Ajibarang serta tamu undangan lainnya, seperti orang tua siswa ( BNC/imr)

Tentang Penulis

Leave A Response