Purbalingga Tuan Rumah Rapat Tahunan HAMKRI Jateng

Ditulis 27 Jun 2012 - 16:57 oleh Banyumas1

 

PURBALINGGA (BNC) – Tahun ini, Purbalingga mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Tahunan Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) Jawa Tengah. Kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari di dua lokasi. Sabtu (7/7) berlokasi di Sanggar Latihan Nadya Dewi dan Minggu (8/7) di Gedong Kroncong.

Menurut Bendahara HAMKRI Purbalingga, Fransisca Nur Afni Megawati, selain akan membahas tentang berbagai permasalahan seputar perkembangan musik keroncong di Jawa Tengah dan evaluasi kinerja HAMKRI selama setahun, dalam rapat tahunan ini juga akan ditampilkan sekitar 15 kelompok musik dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

“Sebenarnya kelompok musik keroncong di Jateng itu banyak. Minimal setiap kabupaten ada dua kelompok, jadi minimal ada sekitar 70-an kelompok. Tapi yang aktif hanya sekitar 15 kelompok,” jelasnya.

Vakumnya kelompok-kelompok musik keroncong ini juga menjadi salah satu yang akan dibahas dalam rapat, selain minimnya kaderisasi di kalangan generasi muda. Meurut Mega, begitu dia biasa disapa, permasalahan-permasalahan ini sebenarnya bukan hal baru. Bahkan menjadi momok klasik setiap tahunnya.

“Biasanya karena kesibukan masing-masing personil. Juga kendala bapak asuh yang tidak ada atau kurang optimal dalam mengayomnya. Memang kalau tidak bener-bener cinta dengan keroncong, nggak bakal kuat bertahan,” imbuhnya.

Mega yang juga penyanyi muda musik keroncong, sangat berharap Rapat Tahunan kali ini dapat berjalan lancar dan memberikan solusi dari permasalahan yang ada. Karena musik keroncong sebetulnya musik asli Indonesia yang harus dijaga kelestariannya. (BNC/cie)

 

Tentang Penulis

Leave A Response