Gubug Makan Mang Engking Purwokerto, kelezatan di tengah keasrian alam

 

Mang Engking Purwokerto - foto puh BNC

Mang Engking Purwokerto – foto puh BNC

Satu lagi tempat kuliner berkelas hadir di Purwokerto. Gubug Makan Mang Engking yang berlokasi di Jalan HR Bunyamin Purwokerto, Kabupaten Banyumas, di utara kampus Unsoed, masuk gang sebelah utara Pabuaran Mart. Gubug Makan Meng Engking Purwokerto sudah dibuka sejak 11 Desember 2011 lalu, dengan menu dan suasana yang mengikuti ‘style’ Mang Engking yang sudah buka di berbagai kota. Mang Engking menawarkan kelezatan menu masakan di tengah keasrian alam pedesaan yang khas.

Menu andalan rumah makan dengan suasana alam pedesaan ini adalah udang yang dimasak dengan bumbu variatif. Yang menjadi favorit adaah ‘udang bakar madu’, dengan varian udang yang dimasak adalah udang galah. Olesan madu dalam menu ini menggantikan olesan kecap manis, setelah udang galah dibakar. So, rasanya jadi manis bercampur daging udang yang gurih. Senasi rasa ini dijamin menggoyang lidah Anda. Ckkk… air liur jadi ingin segera merasakan nikmat udang madu ini.

Tentunya ada banyak lagi variasi menu masakan udang. Selain udang bakar madu, ada udang saus padang, saus tiram, asam manis, udang digoreng biasa, udang goreng tepung dan udang rebus. Bagi yang kurang suka dengan udang tersedia pula menu ikan gurame, seperti gurame bumbu cobek dari rempah-rempah, sop gurame, asam manis, saus tiram, bakar kecap, bakar madu dan saus padang. Juga ada menu kepiting dan cumi-cumi dengan berbagai variasi tergantung rasa yang Anda inginkan.

menu Mang Engking hmmm

Bagi penyuka pedas, di rumah makan yang buka setiap hari ini juga disajikan sambal terasi dadakan, tomat, cobek, bawang dan kecap.

Setting tempat yang berada di pinggir sawah dengan angin semilir merambah pori-pori kulit, dipadu pemandangan pepohonan kelapa dengan nyiur yang melambai-lambai, dan gemercik air terkoyak gerakan-gerakan ikan yang ada di kolam menjadikan suasana di rumah makan Mang Enking berbeda dengan tempat makan lainnya. Ada gazebo-gazebo yang bisa Anda pilih untuk lesehan, atau bagi Anda yang tidak suka lesehan, bisa mengambil gazebo yang menggunakan meja/kursi. Beberapa tempat makan berada di atas kolam, sehingga sambil menunggu menu pesanan datang, Anda dapat bercengkerama dengan ikan-ikan dan memberinya makan ikan-ikan di situ.

Untuk tamu rombongan disediakan tempat makan di hall utama tepat setelah pintu masuk Gubung Makan Mang Engking.

andd bisa makan di sini

Ketika BNC menyambangi gubug makan ini, tampak terlihat rombongan baik rombongan keluarga maupun rombongan karyawan dari berbagai intstansi. Atik, salah seorang pengunjung yang datang bersama rekan-rakannya dari salah satu bank swasta mengatakan Gubung Mang Engking menjadi alternative makan siang bersama yang bisa menghilangkan kepenatan. “Setalah acara meeting di kantor yang melelahkan, makan di tempat yang asri dan segar ini bisa menghilangkan kepenatan”, katanya.

Tentang Mang Engking

Awal berdirinya Gubug Makan Mang Engking boleh dibilang adalah ‘berkah bom Bali’. Lho? Ceritanya Mang Engking Sodikin sang pemilik rumah makan asal Tasikmalaya menambak udang sejak tahun 1990-an di Jogja, yaitu di Minggir, Sleman. Hasil tambak udang dikirim ke restoran-restoran di Bali.

Nah pada tahun 2002 terjadi bom Bali dan berdampak pada terhambatnya pengiriman hasil tambak udang Mang Engking. Daripada tidak ada pembuangan udang, Mang Engking berfikir lebih baik membangun restoran dan dijual sendiri. Maka berdirilah Gubug Makan Mang Engking pertama kali pada tahun 2004 berlokasi di desa Jamur, Sendangrejo, Minggir, Sleman. Rumah makan ini agak jauh dari pusat kota Jogja dan berada di tengah areal persawahan. Kemudian berdiri pada tahun 2006 di Sorogan Castle, Jalan Sorogan Bantul.

Karena peminatnya banyak, Mang Engking lantas menambahkan menu lain selain menu udang. Kini Mang Engking sudah berdiri di berbagai kota seperti Depok, Bandung, Pasuruan, dan di kota Anda : Purwokerto. (BNC/puh/jakartabisnis.com)

dapur (kiri) dan hall utama – foto puh BNC

4 Responses to "Gubug Makan Mang Engking Purwokerto, kelezatan di tengah keasrian alam"

  1. fitri latifah sanaky  09/05/2013 at 17:33

    apakah ada lowongan pekerjaan ?

  2. fitri latifah sanaky  09/05/2013 at 17:32

    apakah ada lowongan pekerjaan ?
    saya membutuhkan pekerjaan .
    harap di balas .

  3. ferry kurnia putra  17/04/2013 at 10:46

    mau tanya,ada lowongan untuk cowo gak ,saya msh kls 3 SMA sdng ujian,mgu udah mulai libur,pingin lngsung krja
    klo ada lowongan hubungi sya 089646609029 alamat banjarsari kulon rt 02/03 ,sumbang
    mksh :)

  4. hilda  10/11/2012 at 13:07

    maap pak atau bu, sedang membutuhkan karyawari tidak ya?? jika membutuhkan hub : 085640927778

Leave a Reply

Your email address will not be published.