Minim syarat dukungan, 4 calon independen ditolak

CILACAP – Seperti diprediksi sebelumnya, calon independen akan sulit muncul dalam Pilkada Cilacap, yang akan diselenggarakan 119 hari lagi, yaitu pada 9 September 2012. Hal ini karena syarat dukungan yang cukup berat, harus mengumpulkan 64.398 pendukung dari minimal 13 kecamatan dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Hingga Jum’at malam pukul 00.00 WIB (11/05) memang ada empat pasangan yang menyerahkan berkas dukungan ke KPU Cilacap, namun semuanya tertolak karena tidak memenuhi syarat minimal dukungan tersebut.

Ke-4 calon pasangan yang datang ke KPU Cilacap adalah (urutan berdasarkan banyaknya dukungan berupa fotocopy KTP): (1) Pasangan Giyo Adi Sofyan dan Muchammad Cholic dengan menyerahkan 24.500 dukungan; (2) Muji Prihationo dan Asnawi Rachmat dengan 1.812 dukungan; (3) Haryadi dan Suwarsono 107 dukungan dan (4) Moer hartono Widodo dan Joko Tirtono 10 dukungan. Nama-nama yang sebelumnya diberitakan akan mencalonkan diri lewat jalur independen ternyata tidak menyerahkan dukungan.

Penyerahan syarat dukungan dilakukan pada ‘detik-detik terakhir’ yaitu pada Jum’at malam mulai sekitar pukul 22.00 hingga menjelang pukul 00.00 WIB. Jumlah syarat dukungan yang sangat kecil dari beberapa calon menimbulkan pertanyaan, karena dapat dikesankan hanya sebagai upaya ‘mencari sensasi’. Hanya Giyo dan Cholic yang kelihatan sudah mempersiapkan diri jauh hari, terbukti dengan dukungan yang mencapai 24.500, namun tetap belum memenuhi syarat. “Kalau sudah tahu tidak memenuhi syarat, kenapa harus repot-repot menyerahkan berkas”, kata Ahmad Muthohar (32), warga kelurahan Gumilir.

Dengan tidak adanya calon independen yang memenuhi syarat dukungan, maka dipastikan Pilkada Cilacap 2012 akan diikuti pasangan calon dari jalur partai politik. Di kabupaten terluas di Jawa Tengah ini, sejauh ini nama incumbent Tatto Suwarto Pamuji dan anggota DPRD Jateng Novita Wijayanti santer diberitakan sebagai calon kuat. Tatto melamar melalui Partai Golkar dan Novita melalui PDIP. (BNC/mut/puh)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*