Akankah muncul calon independen di Pilkada Cilacap?

Ditulis 07 Mei 2012 - 21:34 oleh Banyumas1
|
calon independen

ilustrasi

CILACAP (BNC) – Menjelang Pilkada Cilacap muncul nama-nama yang dikabarkan akan mencalonkan diri melalui jalur  independen, yaitu Suparmo Salim, Mustangin Mulyana (yang mundur dari pencalonan sebagai Wakli Bupati melalui PDIP), Yahya Karomi mantan Manager Koperasi Jamu Aneka Sari dan Taufik Hidayat.

Namun apakah mereka bisa mengikuti jejak pasangan calon bupati-wakil bupati independen Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono-Kusumo Winahyu, yang ikut dalam Pilkada yang digelar 23 Juli 2011? Atau akankah Budhi Sarwono-Kusumo Winahyu akan menjadi satu-satunya calon independen yang pernah ada dalam sejarah politik di Bralingmascakeb? Pertanyaan ini layak diajukan mengingat syarat dukungan minimal yang harus diperoleh untuk dapat mendaftarkan diri sebagai calon independen yang cukup berat.

KPU Kabupaten Cilacap dalam pengumuman Nomor 133/kpu-Kab-012.329382/V/2012 tanggal 4 Mei 2012 tentang Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pemihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Cilacap tahun 2012, menyebutkan bakal pasangan perseorangan harus didukung minimal 64.398 jiwa penduduk yang telah memenuhi persyaratan sebagai pemilih dan tersebar minimal di 13 kecamatan di Kabupaten Cilacap.

Jumlah dukungan tersebut setara 3 % dari total jumlah penduduk bukan jumlah pemilih. Total jumlah penduduk Cilacap  sekarang ini sebanyak 2.146.593 jiwa.

Jumlah dukungan yang tersebar di 13 kecamatan dihitung berdasarkan aturan persebaran yang ada di 50 persen plus satu dari total kecamatan yang ada. Dari 24 kecamatan di Kabupaten Cilacap, maka persebaran dukungannya harus ada di 13 kecamatan.

Kilas balik

Dibukanya jalur independen dalam Pilkada, bermula ketika keluar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 5/PUU-V/2007 yang menyatakan adanya pelanggaran hak konstitusional terhadap individu ketika jalur menuju kekuasaan hanya melalui parpol. Menurut MK, pencalonan kepala daerah yang hanya menjadi dominasi parpol berdasar UU No 32/2004 bertentangan dengan UUD 1945 karena mengabaikan hak konstitusional warga negara yang memenuhi syarat.

UU Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan atas UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah mengatur hak pasangan calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah. Pasal 59 Ayat (2a) menentukan pasangan calon perseorangan dapat mendaftarkan diri sebagai pasangan calon gubernur/wakil gubernur jika memenuhi syarat dukungan. Ayat 2b menentukan pasangan calon perseorangan dapat mendaftarkan diri sebagai pasangan calon bupati/wakil bupati atau wali kota/wakil wali kota jika memenuhi syarat dukungan.

Kehadiran calon independen akan membuka wacana baru dan dianggap sebagai peluang untuk penyaluran aspirasi warga negara yang tidak terfasilitasi parpol. Secara tidak langsung, hal itu juga untuk menghindari hegemoni parpol dalam menentukan calon-calonnya untuk dimajukan dalam pilkada. Memang tidak bisa diyakini 100 persen bahwa calon independen ini akan terbebas dari politik uang (money politics). Tetapi setidaknya pada awal pencalonannya, para calon independen sudah terbebaskan oleh hegemoni parpol dan menghindari terjadinyamoney politics dalam memperoleh dukungan.

Sekedar mengingatkan, sesuai pasal 59 UU Pemda, terhadap calon perseorangan ini diberlakukan aturan dukungan kepada calon perseorangan sesuai jumlah penduduk di kabupaten/kota tsb. Jika kabupaten/kota berpenduduk 250 ribu maka harus mendapat dukungan dari minimal 6,5 % populasi. Kabupaten berpenduduk antara 250 ribu sampai 500 ribu harus didukung minimal 5 % populasi, dan yang berpenduduk antara 500 ribu sampai 1 juta jumlah dukungannya minimal 4 % populasi,dan kabupaten/kota yang berpenduduk lebih dari 1 juta seperti Kabupaten Cilacap maka calon perseorangan harus mendapat dukungan dari 3 % populasi.

KPU Cilacap membuka penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan mulai 7 sd 11 Mei 2012. Kita tunggu akankah muncul calon independen di Pilkada Cilacap. (BNC/ist)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. gatot 11/08/2012 pukul 13:58 -

    Mendukung independent…..selamat maju terus…

Leave A Response