Perkuat Networking PTM Melalui RAKORPIM

BANYUMAS (BNC)-Rapat Koordinasi Pimpinan (RAKORPIM) dan workshop Pengelolaan Perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) se-wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang diadakan oleh Pengurus Pusat Muhammadiyah (PP MUhammadiyah) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  dibuka hari ini, Jumat (27/4) dengan bertempat di aula Queen garden, Baturaden, Purwokerto.
Acara ini dihadiri oleh Ketua PP Muhammadiyah yang diwakili oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Dr. Abdul Mu’ti, M. Ed, Ketua Majelis Dikti Muhammadiyah yang diwakili oleh Sekretaris Dikti, Drs. M. Safar Nasir, M. Si, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M. H,   Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Furqanul Aziez, M. Pd, Wakil Rektor Bidang Adminstrasi Umum, Drs. Joko Purwanto, M. Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Anjar Nugroho, S. Ag., M. S. I, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Ir. Regawa Bayu Pamungkas, M. T, jajaran Badan Pelaksana Harian (BPH), jajaran Kabiro dan peserta yang hampir mencapai 100 orang dari berbagai PTM di wilayah Jateng, DIY, Kalbar serta Kalteng.
Dalam sambutannya Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M. H mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta, “Semoga melalui kegiatan ini kita semua bisa mendapatkan banyak hal yang dapat kita aplikasikan pada perguruan tinggi masing-masing, baik itu mengenai pengelolaan keuangan, borang, akreditasi ataupun hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pengelolaan PTM ke arah yang lebih baik,” harapnya. Rektor menambahkan, pengelolaan PTM yang baik dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan nasional.
Ketua Majelis Dikti Muhammadiyah yang diwakili oleh Sekretaris Dikti, Drs. M. Safar Nasir, M. Si ikut memberikan sambutan, “Kami (Dikti Muhammadiyah) beserta tim hadir merupakan bentuk keseriusan kami dalam penyelenggaraan acara ini. Bapak Din Syamsudin mengatakan agar Dikti dapat terus melakukan inovasi-inovasi dalam lembaga pendidikan kita, maka dari itu pengelolaan PTM regional menjadi salah satu agenda kami untuk kemajuan amal usaha Muhammadiyah.”, katanya. Safar meyakinkan bahwa pertemuan yang sifatnya regional itu sangat baik, karena salah satu kekuatannya akan terletak pada networking. Harapannya, PTM yang sudah baik dapat saling berbagi pengalaman untuk PTM yang lain sehingga dapat menjadi satu kesatuan utuh amal usaha Muhammadiyah.
Di kesempatan terpisah, Ketua PP Muhammadiyah yang diwakili oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Dr. Abdul Mu’ti, M. Ed menuturkan keberadaan PTM Muhammadiyah di mata orang luar itu dinilai baik “Di beberapa pertemuan, seperti dengan Kementerian Agama, saya bertanya kenapa alokasi dana untuk Muhammadiyah itu kecil? Jawabnya, karena Muhammadiyah itu sudah maju dan tidak perlu disumbang lagi, yang perlu disumbang itu yang belum maju. Saya malah balik ditanya bagaimana Muhammadiyah bisa maju”, tuturnya. Mu’ti menjelaskan, kemajuan Muhammadiyah itu karena amal usaha Muhammadiyah dilandasi oleh 2 hal, pertama adalah konsep the right man in the right place,  mengedepankan orang ahli di bidangnya, “Jangan sampai kita memilih dosen matematika yang latar belakang pendidikanyan filsafat, ya itu jelas tidak profesional”, contohnya. Kedua, manajemen yang sehat, artinya menerima setiap pekerjaan sebagai amanah. Dalam hal ini level iman di bangun untuk mendedikasikan diri, “Namun permasalahan disini tetap ada, contohnya, kita tidak pernah bisa tahu pasti orientasi yang mendasari seseorang bekerja di amal usaha Muhammadiyah”, jelasnya. Menurut Mu’ti ada 4 dimensi amal soleh yang harus ditekankan untuk mengatasinya, yaitu “Niat yang soleh (baik itu dosen atau karyawan), prosedur  tata kelola yang betul, konsep manfaat dalam kehidupan sehari-hari demi kemaslahatan umat dan dimensi Islam yang baik, pembaharu”, imbuhnya.
Rakorpim dan Workshop ini akan berlangsung selama 2 hari dengan beberapa materi yang akan disajikan oleh 3 pembicara. Dr. Sabar Narimo, M.M.,Mp.d dan Prof. Dr. H. Thobroni akan menyajikan materi tentang “Pengantar Akreditasi” yang meliputi standar penilaian borang akreditasi, prinsip penyusunan standar penilaian borang akreditasi dan latihan penyusunan borang akreditasi. Banu witono SE. Akt, M.Si akan berbicara tentang “Sistem Informasi Akuntansi PTM”, ada beberapa aspek yang dibahas, yaitu anggaran berbasis kinerja dan sistem penganggaran PTM, prinsp mekanisme dalam penyusunan penganggaran PTM, latihan pembahasan sistem penganggaran PTM, sistem informasi akuntansi dan latihan pembahasan sistem informasi akuntansi (BNC/pra)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.