Dr. Furqanul Aziez, M. Pd : “Wisuda Ke 48 UMP, Merupakan Wisuda yang Istimewa”

Ditulis 27 Apr 2012 - 18:43 oleh Banyumas1

 PURWOKERTO (BNC)-Pada Sabtu (21/4), Kemegahan Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terlihat sangat pretensius dengan dipadati oleh sejumlah wisudawan yang mengikuti wisuda ke 48 program Magister, Sarjana dan Diploma periode April 2012 UMP. Wisuda kali ini merupakan prosesi ke 35 dengan jumlah mahasiswa yang berhasil lulus sebanyak 972, terdiri dari program S2 sebanyak 37, program S1 sebanyak 928 dan Diploma III sebanyak 7 orang.
Prosesi akbar ini dihadiri oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Pekalongan, Pimpinan dan anggota Badan Pelaksana Harian (BPH) UMP, Rektor UMP, Wakil Rektor UMP, Senat Universitas UMP, tamu undangan dan orang tua atau keluarga dari wisudawan/wisudawati.
Acara dimulai dengan Pembukaan rapat senat terbuka Wisuda ke-48 UMP oleh Ketua Senat yang juga Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, “Kami mengucapakan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Kami mengiringi dengan doa semoga alumni sukses menyongsong masa depan dan dapat mengharumkan almamater kita”, ujarnya. Ditambahkan juga oleh rektor bahwa kemajuan infrastruktur UMP yang sedang berkembang, penambahan sarana prasarana yang menunjang kegiatan akademik itu seiring dengan cita-cita UMP “Untuk mencetak insan pendidikan yang unggul, modern dan Islami. UMP tumbuh dan besar untuk dapat memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan nasional”, tambahnya.
Acara dilanjutkan dengan laporan Wakil Rektor I (Bidang Akademik), Dr. Furqanul Aziez, M. Pd,  “Wisuda kali ini merupakan wisuda yang istimewa, karena untuk pertama kalinya UMP mewisuda program magister (S2) program studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia serta bertepatan pula dengan rangkaian kegiatan Milad ke-47 UMP”, jelasnya. Aziez juga memaparkan, 972 wisudawan di periode ini terdiri dari 782 orang berasal dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10 orang dari Fakultas Agama Islam, 37 orang dari Fakultas Ekonomi, 41 orang dari Fakultas Teknik, 8 orang dari Fakultas Pertanian, 14 orang dari Fakultas Psikologi, 23 dari orang Fakultas Farmasi, 7 orang dari Fakultas Sastra, 3 orang dari Fakultas Hukum dan 11 orang dari Fakultas Ilmu Kesehatan. Masih menurutnya, sampai dengan hari ini jumlah Magister, Sarjana, Ahli madya dan Ahli Muda yang telah dihasilkan oleh UMP sebanyak 19218 alumni dengan rincian Magister 37, Sarjana 12973, Diploma III 2630, Diploma II 1553, Akta Mengajar 1332, Profesi Apoteker 597 dan Profesi Ners 96 alumni.
Penyerahan penghargaan diberikan oleh Rektor UMP dengan didampingi oleh Wakil Rektor I bagi wisudawan terbaik. Untuk Program Magister, wisudawan terbaik diraih oleh Budi Handoyo dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia masa studi 2 tahun dan IPK 3, 83 dengan predikat cum laude. Sedangkan 3 wisudawan terbaik jenjang Strata Satu (S1) terdiri dari Regi Willi Sartika, Fakultas Ilmu dan Ilmu Pendikan program studi Pendidikan Bahasa Inggris, IPK 3, 90 dengan masa studi 3 tahun 6 bulan, Diah Tri Utami, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPK 3, 87 dengan masa studi 3 tahun 6 bulan dan Marliana Rahayu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, IPK 3, 83 dengan masa studi 3 tahun 6 bulan. Ketiganya meraih predikat cum laude.
Di kesempatan terpisah, Rektor UMP mengungkapkan “Semoga alumni UMP dapat menjadi contoh dimanapun dia berada (bekerja atau wirausaha), karena mereka bukan saja kader persyarikatan tetapi juga kader bangsa, karena umumnya mahasiswa kita merupakan mahasiswa yang dapat memenuhi kebutuhan lapangan kerja dan itu sudah kita persiapkan selama mereka menempuh pendidikan di sini,”  harapnya. Rektor juga menerangkan, salah satu upaya untuk mencetak mahasiswa yang unggul, modern dan Islami adalah melalui standar minimal IPK mahasiswa UMP yang harus mencapai 2, 76. Disadari olehnya, meskipun IPK bukan satu-satunya aspek yang bisa menggambarkan kualitas mahasiswa, namun bagi mahasiswa yang ingin menempuh karir di dunia kerja, ada instansi, perusahaan atau lembaga yang meminta persyaratan akademik standar pelamar kerja dengan minimal IPK 2, 75. Mantan Wakil Ketua MA ini menyikapi hal ini dengan jeli, maka pada tahun 2008 menciptakan aturan mengenai standar minimal IPK yang harus ditempuh oleh mahasiswa UMP. “Peraihan IPK itu pun bukan merupakan sistem subjektifitas dosen saja tetapi merupakan upaya dan tekad dari mahasiswa itu sendiri. Ya, kita membentuk CDC (dalam hal ini adalah SAC) salah satu tujuannya adalah membantu mahasiswa mengatasi hambatan akademiknya yang sekaligus juga harus mampu mencetak prestasi mahasiswa itu melalui akademik,” jelasnya.

Senada dengan Rektor, Kepala Biro Humas dan Kerjasama, Soediro, S. H., LL. M, berpesan kepada para alumni “Kita bukan semata-mata menciptakan wisudawan saja, tetapi kita juga menciptakan mahasiswa yang siap bekerja dan mampu terserap lahan kerja. Jaga nama baik almamater, tunjukan bahwa para alumni ini merupakan sosok yang layak terjun ke masyarakat. Ingat juga, alumni ini adalah implementasi dari lulusan yang unggul, modern dan Islami,” tandasnya. (BNC/pra/hum

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. ani 15/10/2013 pukul 08:09 -

    Saya membutuhkan 4 apoteker untuk mjd Apa.. untuk daerah gumelar , ajibarang , bobot sari, klampok… untuk info lanjut hubungi 081226699992.

  2. bambang sukmono 30/09/2012 pukul 03:11 -

    Selamat buat para wisudawan/wisudawati and semoga UMP tetap jaya, juga thank’s buat pak azies dan pak tanto atas bimbingannya selama ini. Untuk S2- nya tolong bisa dibuka untuk prodi-prodi yang lain. Jika ada acara “Pentas lagu-lagu Koes Ploes” lagi tolong saya diundang, karena saya termasuk penggemar beratnya. salam…………..

  3. Kardiono 09/05/2012 pukul 11:29 -

    Saya sedang membutuhkan cepat apoteker untuk jadi APA di Apotik & Gerai Alkes baru di Wanareja – Cilacap. Hubungi saya di 081391531939.

  4. rahma 28/04/2012 pukul 06:53 -

    selamat untuk UMP, kebanggaan Purwokerto dan Banyumas. Tidak hanya bagi warga/simpatisan Muhammadiyah tapi seluruh masyarakat karena kontribusinya bagi mencerdaskan bangsa. semoga lulusan berhasil dan manfaat bagi ummat. intelektualitas ciri kamajuan bangsa, ayo majukan dunia pendidikan

Leave A Response