Onthelis se-Jawa ramaikan kota Purwokerto

Ditulis 08 Apr 2012 - 15:24 oleh Banyumas1

Start onthelis diawali Bupati MarjokoPURWOKERTO (BNC) – Gelaran Parade Onthelis Satria Minggu pagi (08/04) diikuti oleh komunitas pencinta sepeda tua dari berbagai kota di Jawa. Ada yang datang dari Jakarta, Surabaya, Jogja, Indramayu, Pekalongan dan tentu saja kota-kota yang bertetangga dengan Kabupaten Banyumas seperti Brebes, Cilacap, dan Purbalingga. Beberapa peserta bahkan mengayuh sepeda dari kota asalnya, seperti tiga orang yang berangkat dari Jakarta. Peserta lain umumnya mengangkut sepeda tua dengan truk dan mereka sendiri ada yang datang berombongan dengan bus, mobil pribadi, ada pula yang menggunakan angkutan umum baik kereta api maupun bus.

Suasana Minggu pagi Purwokerto benar-benar khas, lain dari hari biasanya karena begitu banyak sepeda tua dengan pengendara yang menggunakan beragam pakaian menyusuri jalan-jalan utama kota Purwokerto, dengan start dan finish di GOR Satria. Pakaian yang dikenakan  umumnya ingin merepresentasikan kembali style jaman ‘doeloe’, baik yang digunakan oleh tentara, pejuang, pegawai, maupun pakaian khas daerah tempo doeloe. Ada juga yang menggunakan seragam ala ‘Hitler’. Asesoris sepeda pun bermacam-macam, ada yang dengan tas mirip Pak Pos, Pak Guru jaman dulu (Oemar Bakrie), tas boncengan, tas sadel, dan asesoris sepeda kuno termasuk bel.

Bupati Banyumas Mardjoko memimpin di depan parade para onthelis. Sebelumnya dilakukan penjamasan sepeda tua, termasuk yang dipakai oleh Bupati Mardjoko. “Peringatan Hari Jadi Banyumas tahun ini sangat istimewa dengan adanya kedatangan para onthelis dari berbagai kota di Jawa ini, yang mudah-mudahan menjadikan Banyumas lebih dikenal. Sukses peringatan tahun ini juga menunjukkan masyarakat Banyumas yang makin dewasa, makin temuwa”, kata Mardjoko dalam sambutanya.

Peserta dan masyarakat umum yang menyaksikan gelaran ini di GOR dihibur oleh band yang membawakan lagu-lagu ‘tempo doeloe’, yaitu lagu-lagu Koes Plus yang dibawakan band Jibless Purwokerto. Penampilan Jibless pagi itu sangat memukau dan menghibur dengan tembang-tembang lawas, sesuai tema para onthelis yang menampilkan style tempo doeloe. Pada malam sebelumnya (Sabtu malam, 07/04)  dikukuhkan kepengurusan KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Banyumas dan Pekalongan. (BNC/ist)

pakaian hansip tempo doeleo

 

 

 

 

 

gaya Bung Karno bersama pejuang

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. EKO GAZELLE 20/09/2012 pukul 14:32 -

    kapan lagi nei di adakan even seperti itu udah gatel kakine pgn gowes kayak dl.By eko gazelle soekarnonya jatilawang banyumas

  2. eko gaselle 25/04/2012 pukul 00:56 -

    sunnguh luar biasa puas bisa ngennjot bareng onthelis sejawa ……………….salam dari kojamas (komunitas onthel jatilawang banyumas)

Leave A Response