HUT Banyumas akan dimeriahkan Parade Onthel Satria

Ditulis 06 Apr 2012 - 11:27 oleh Banyumas1

ilustrasi - sepeda.wordpress.comPURWOKERTO (BNC) – Rangkaian kegiatan hari jadi Banyumas yang ke 430 tahun 2012 ini tampaknya lebih meriah dari peringatan hari jadi sebelumnya. Selain kegiatan rutin protololer seperti ziarah makam pahlawan, upacara peringatan, dan galar pawai budaya, tahun ini labih istimewa karena ada kegiatan Lomba Perahu Naga di Dream Land Park Pancasan Ajibarang (31/03), Banyumas Bershalawat bersama Syekh Habib Abdulkadir Assegaf (31/03), pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Manteb Sudarsono, Banyumas Extravaganza untuk membangkitkan wisata Banyumas, dan Pekan Ekonomi Kreatif.

Ada lagi event yang lebih istimewa, khususnya bagi para pencinta sepeda kuno (pit kebo/pit unta)  yaitu event ‘Pareade Onthel Satria’ yang akan digelar pada 7 – 8 April 2012, dan telah direkomendasikan sebagai kegiatan nasional oleh KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia). Gelaran bagi para pencinta sepeda tua ini sekaligus menjadi ajang pengukuhan dan pelantikan KOSTI Korwil Banyumas & KOSTI Korwil Pekalongan. Selain itu akan dilakukan sarasehan bertajuk “Sepeda Tua, Eksistensi & Perkembangannya di Masa Kini” bersama Thowil dari Podjok Djokjakarta dan Fahmi Saimima (Sekjen KOSTI).

Ada pula pameran sepeda tua, foto-foto Banyumas tempoe doeloe yang pasti akan memberikan nuansa berbeda. Berbagai hiburan seperti akan memeriahkan event hobbist yang sedang ngetrend ini seperti keroncong, lengger, dan komunitas pencinta Koes Plus Purwokerto (JIBLESS – Koes Plus Band). Para onthelis dari berbagai kota diperkirakan akan mulai berdatangan mulai Jum’at (06/04) ini. “Suk setu aku ke Purwokerto …. melu onthelis pit kebo merayakan HUT mBanyumas”, kata Samudra Wibawa aktifis onthelis dari Jogja  kepada BNC.

Info yang diperoleh BNC, route ‘ngonthel’ yang dilaksanakan pada Minggu pagi (9/04), akan menempuh jarak touring sejauh 20 km, menyusuri kota Purwokerto dan para onthelis berkesempatan melihat dari dekat obyek vital dan ikon kota Purwokerto. Selama perjalanan akan dilakukan transit di beberapa lokasi. Panitia menyiapkan pengamanan dengan  menyediakan foreidjer, marshaal, mobil sweeper, dua mobil ambulance.

Nuansa event lainnya terkait parade yang bakal menarik adalah klithikan dan pasar rakyat, yang menyajikan ragam kuliner khas Purwokerto. Tentu saja mendoan dan gethuk goreng khas Sokaraja akan ada di sana. Peserta Parade Onthel dikenai pendaftaran Rp. 25.000,00. Bagi yang tidak punya sepeda tua, bisa juga ikut menyaksikan pameran sepeda tua dari berbagai tahun pembuatan, eh… siapa tahu ketemu sepeda yang pernah dipakai kakek kita di situ! (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response