Kyai Genjring, Kyai Nala Praja, Kyai Gajah Endra dan Pustaka Mulia Stambul dikirab

Ditulis 06 Apr 2012 - 10:19 oleh Banyumas1

Tombak Kyai GenjringPURWOKERTO (BNC) – Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang ke 430, pada Kamis siang (6/04) digelar kirab benda-benda pusaka yang menjadi simbol kekuatan, semangat juang dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu tombak kyai Genjring, keris Kyai Nala Praja, keris Kyai Gajah Endra dan pustaka Mulia Stambul berupa al-Qur’an mini.

Kirab mengambil start dari pendopo Wakil Bupati Banyumas, didahului dengan upacara penyerahan pusaka dari Bupati Mardjoko kepada petugas kirab di Pendopo Wakil Bupati Banyumas. Kemudian kirab menyusuri  jalan Jenderal Sudirman menuju Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas. Sekalipun cuaca Purwokerto siang itu baru saja diguyur hujan, namun antusiasme masyarakat menyaksikan gelar kirab pusaka terlihat di sepanjang jalan yang dilalui kirab.

Kirab benda pusaka tidak melupakan sosok figur ‘Bawor’ sebagai sosok khas Banyumas, yang berada di barisan paling depan dalam iring-iringan kirab. Mereka (ada 5 Bawor) membawa senjata kudi yang berukuran cukup besar. Pembawa tombak Kyai Genjring mengikuti di belakangnya, kemudian diikuti Keris Kyai Nala Praja, Keris Kyai Gajah Endra, dan Pustaka Mulia Stambul yang dikirab dengan menggunakan tandu.

Bupati Mardjoko,  Wakil Bupati Ahmad Husein,  dan Ketua DPRD Juli Krisdianto masing-masing beserta istri, serta pejabat lainnya mengikuti dari belakang iringan pusaka  dengan kendaraan kereta kencana. Semua peserta dari kalangan pejabat, termasuk para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) berbusana khas daerah Banyumas.

Agenda lain Hari Jadi Banyumas ke 430 yang akan digelar adalah ‘Banyumas Extravaganza’ pada hari Sabtu (7/04) yang akan menampilkan aneka potensi Banyumas sebagai ikon wisata. Event ini akan diikuti 100 biro wisata untuk menarik mereka menjadikan Banyumas sebagai destinasi wisata. Bagi para penggemar sepeda kuno (‘onthelis’) juga dijadwalkan ikut memeriahkan Hari Jadi Banyumas pada hari Sabtu (07/04) tersebut, dan para onthelis tidak hanya datang dari Banyumas tapi juga dari luar daerah seperti Jogja. (BNC/ist)

kyai Gajah Endra

kyai Nala Praja

 

 

 

foto: banyumaskab.go.id

Tentang Penulis

Leave A Response