4 Prinsip Dasar, Tips Salesmanship dari James Gwee

Ditulis 20 Mar 2012 - 06:40 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
1215
Dalam Tag

James Gwee

James Gwee, MBA adalah Direktur Academia Pendidikan & Pelatihan dan perusahaan konsultasi yang berbasis di Singapura. Keahlian James Gwee terletak di bidang Penjualan, Motivasi, Service Excellence, Leadership, Manajerial Keterampilan, Team Building, dan Pengembangan Pribadi.

Meskipun berasal dari Singapura, James mempunyai pengalaman yang luas melakukan pelatihan untuk Indonesia, setelah melakukan lebih dari 1.200 In-House Training selama lebih dari 800 organisasi di Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 200,000 orang telah menghadiri seminar publiknya. Kliennya mencakup spektrum dunia bisnis, termasuk perbankan, wisata asuransi, & travel, real estate, pengembang, manufaktur, transportasi, rumah sakit, Telekomunikasi dan bahkan utilitas umum.

Dalam setiap Seminar, James Gwee pendekatannya ramah dan informal, dikombinasikan dengan narasi unik Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang penuh dengan spontanitas dan humor. Di tangannya  pelatihan dan seminar adalah pengalaman belajar yang benar-benar menyenangkan.

Hal ini membuat James Gwee menjadi Trainer Favorit Indonesia. Ia  telah diundang untuk berbicara dalam banyak acara bergengsi di seluruh Indonesia maupun di Konferensi Internasional di Singapura, Malaysia, Afrika Selatan, India, Moskow dan bahkan Ukraina.

James Gwee juga mengisi acara talkshow di Radio Smart FM disebut “Smart Business Talk” didengarkan oleh ribuan pendengar di 13 kota di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Semarang, Palembang, Makassar, Manado, Banjarmasin, Balikpapan, Pekan Baru, Medan, Cirebon, Padang). Semua informasi mengenai James Gwee dan trainingnya bisa di-klik di http://www.jamesgwee.net/

Tips Salesmanship

Anda yang berprofesi sebagai sales, marketing, pemasaran atau penjualan (dan istilah apa pun terkait dengan dunia penjualan) perlu membaca tips berikut dari James Gwee.

Menurut James Gwee semakin banyak Anda membaca buku dan belajar mengenai penjualan, semakin sering  Anda menyadari dan mengerti satu kebenaran dalam dunia penjualan. The truth is: There is nothing new about selling (tidak ada yang baru dalam hal menjual). Kenyataannya, setelah Anda meninggalkan semua jargon dan istilah–istilah keren dalam dunia penjualan, maka ada 4 aspek yang menurut James Gwee penting dalam dunia penjualan (4 Prinsip Dasar – basic prinsiples). Apa sajakah itu?

  1. Selling is a process (Menjual adalah proses)

Seperti halnya aktivitas lain, penjualan adalah sebuah proses. Penjualan adalah mata rantai dari kegiatan–kegiatan lain. Jika Anda menjalankan rangkaian kegiatan dengan benar, atau jika Anda menjalankan setiap tahapan dalam proses penjualan dengan benar, Anda memiliki kesempatan besar untuk dapat menjual dengan lebih baik

  1. Selling is a numbers game (Menjual adalah permainan angka)

Penjualan adalah permainan angka. Sebenarnya, penjualan didasarkan atas Hukum Rata–rata. Lebih banyak prospek, lebih besar kesempatan Anda. Lebih banyak Anda menawarkan, lebih besar kemungkinan Anda melakukan closing. Lebih banyak pelanggan bahagia yang Anda miliki, lebih besar kesempatan bagi Anda untuk memperoleh referensi dari mereka. Ini hanya masalah “semakin banyak….semakin baik.”

  1. Selling is all about having good interpersonal communication & relationship (Menjual adalah tentang hubungan dan komunikasi inter-personal)

Penjualan adalah masalah kemampuan komunikasi dan membina hubungan. Kita adalah mahluk sosial. Kita membuat keputusan lebih karena emosi dibandingkan rasional (lihat ”Marketing in Venus” dari Hermawan Kartajaya). Mari lihat alasan–alasan seseorang menjadi nasabah sebuah perusahaan. Contohnya dalam industri asuransi, proporsinya adalah sebagai berikut :

  • Membeli karena perusahaannya              : 20%
  • Membeli karena produknya                      : 20 %
  • Membeli karena agen asuransinya          : 60 %

Kesimpulannya, jadi atau tidak seseorang membeli dari Anda sangat tergantung dari apakah mereka suka atau tidak kepada Anda, menghargai Anda, mempercayai Anda, menyayangi Anda, merasa memiliki kewajiban membeli dari Anda (karena Anda begitu baik suka menolong, dia berhutang budi dengan Anda. Dia juga merupakan teman baik Anda atau ayah/suami Anda, dan lain–lain). Ini karena interaksi yang Anda bangun dan masalah komunikasi pribadi dengannya.

  1. Selling is all about discipline (Menjual adalah masalah disiplin)

Penjualan adalah masalah disiplin. Inilah perbedaan antara penjual sukses dan penjual tidak sukses: Succesful sales people have learnt to do well thing that unsuccessful sales people do not like to do (Penjual yang berhasil selalu melakukan dengan konsisten dan disiplin hal-hal yang tidak dilakukan oleh penjual yang tidak berhasil).

Sudah bukan rahasia lagi, penjual yang sukses lebih disiplin dan mereka tetap mengerjakan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan (walaupun kadang–kadang mereka tidak menyukainya). Di sisi lain, penjual yang tidak sukses akan mencoba mencari 1.001 alasan untuk menghindar dari pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan, karena mereka tidak suka mengerjakan hal tersebut. Sales is often a case of doing what you have to do, not only what you like to do (Penjualan adalah masalah melakukan sesuatu yang harus dilakukan, secara konsisten, tidak hanya sesuatu yang Anda senang untuk melakukannya).

Ini bisa menjadi alasan utama mengapa beberapa penjual terlihat begitu baik dalam dua tahun pertama, dan kemudian kinerja mereka terus-menerus turun. Sementara, penjual lain terlihat begitu baik dan semakin baik setiap tahun. Perbedaan utama adalah kemampuan atau ketidakmampuan mereka dalam melakukan konsistensi dalam melakukan penjualan.

Jadi tetaplah konsisten dengan pilihan dan pekerjaan Anda serta lakukan yang terbaik. Happy selling! (BNC/ph)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. fany 26/06/2015 pukul 21:48 -

    pasti bisa

  2. Meidiani 20/01/2015 pukul 15:08 -

    Terimakasih Pak James atas tips2 penjualannya… Setelah saya praktekkan usaha Jilbab Praktis yang saya tekuni semakin berkembang penjualannya.

  3. WIDIYANTO 20/01/2015 pukul 11:17 -

    friend2 ngomong itu mudah,ngejalaninya itu sulit…

  4. biografi pengusaha 05/01/2015 pukul 17:00 -

    mantap

  5. sirrulah 23/10/2013 pukul 14:02 -

    fren” aku yakin kamu bisa -_-

  6. cq 21/10/2013 pukul 14:37 -

    friend2….its cool

    acungkan semua jempol kaki dn tangan

  7. wandra 23/02/2013 pukul 13:01 -

    Nice Mr.James….proud of U…

  8. Anton 25/08/2012 pukul 13:54 -

    Saya berminat mengikuti klu ada training yang di selenggarakan oleg Bapak

  9. casprio 21/04/2012 pukul 19:57 -

    Prok..prok.. Sambil kepalkan tangan keatas

Leave A Response