Gradiosta Radio UMP ingin Tranfsormasi ke Radio Komersil

Ditulis 13 Mar 2012 - 13:43 oleh Banyumas1
PURWOKERTO (BNC):Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memang belum memiliki program studi broadcasting dan Jurnalistik, tetapi itu bukan menjadi halangan untuk menghidupkan fasilitas broadcasting di kampus yang sangat asri itu. Broadcasting Gradiosta hadir sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang radio penyiaran kampus. Dengan sajian infotainment yang sarat dengan aspek informasi dan hiburan yang bukan saja seputar informasi mengenai UMP tetapi juga informasi umum, Radio Gradiosta ada untuk menjawab kebutuhan mahasiswa akan informasi, sekaligus sebagai wadah bagi mahasiswa UMP untuk mendalami dunia broadcasting kampus.
Radio Gradiosta berdiri tanggal 6 Juli 2001 atas dasar surat keputusan Presiden BEM UMP bernomor : 01-A2/Tap/BEM/UMP/2001. Berdirinya radio tersebut tidak terlepas dari peran mahasiswa fakultas pertanian UMP. Gradiosta sendiri memiliki kepanjangan agrikultur radio station, mengudara di Frekuensi Modulation (FM) pada gelombang 97.4 Mhz. dan memiliki call station “Intellect Station” yang memiliki daya pancar kurang lebih 300 watt.
Pada perkembangannya Gradiosta telah memiliki banyak kemajuan, dengan sumber daya manusia sebanyak 30 orang, Gradiosta mampu mengembangkan Event Organizer (EO) yang cukup aktif dalam berbagai kegiatan di lingkungan kampus UMP. Pada kepengurusan Tahun 2011/2012 yang berada di bawah kepemimpinan Budi Nurhayanto, Radio Gradiosta memiliki ambisi yang besar yaitu bisa bertransformasi dari radio kampus menjadi radio komersil. Dengan demikian segmentasi khalayaknya akan berubah dari civitas akademika menjadi masyarakat umum.
Budi Nurhayanto yang juga tercatat sebagai mahasiswa prodi matematika itu juga menjelaskan “Paling tidak kalau radio ini bisa jadi radio komersil kan bisa jadi salah satu unit usaha bagi UMP. Hanya saja proses ke arah situ jalannya cukup panjang. Kita memang memiliki fasilitas broadcasting yang sudah memadai, cuma SDM kita belum ada yang murni dari dunia broadcasting atau jurnalistik. Tapi betapapun ini merupakan  hal yang cukup membanggakan buat kita. Meskipun di UMP belum ada Prodi broadcasting tapi kita bisa learning by doing”, tuturnya.
Masih menurut Budi, dikatakan bahwa akses informasi dalam era informasi seperti sekarang menjadi kebutuhan mendasar untuk semua orang. Media massa khususnya radio, menjadi elemen yang penting. “Kalangan civitas akademika UMP maupun masyarakat sekitar merespon positif terhadap Gradiosta. Itu artinya, Gradiosta bisa diterima di hati para pendengarnya dengan baik., sekaligus menjawab kebutuhan civitas akademika akan adanya radio kampus.” katanya mantap  (BNC/pra/hum.

GRADIOSTA RADIO: Di ruang inilah para mahasiswaUMP menggeluti dunia Broadcasting UMP Purwokerto (foto:pra/hum/BNC)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Yudhistira Argadia 11/08/2012 pukul 21:09 -

    Klo mau kirim demo lagu ke gradiosta gmn y?

Leave A Response