Peringati HPN, Wartawan Kebumen Tebar Benih Ikan dan Tanam Pohon

Ditulis 26 Feb 2012 - 18:49 oleh Banyumas1

Kebumen, BNC – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2012, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen (Jateng) bekerjasama dengan Pemkab setempat melakukan aksi penebaran benih ikan di waduk Sempor, Gombong, Kebumen. Penebaran juga melibatkan ratusan warga Desa Kedungringin, Kecamatan Sempor.

Penebaran benih ikan diikuti Bupati Kebumen H Buyar Winarso SE, Kapolres AKBP Heru Trisasono SIK M.Si, Ketua DPRD Ir Budi Hianto Susanto, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Drs Muhammad Naim SH, Dandim 0709 Letkol Inf Dany Rakca Andalasawan SAP dan para wartawan di Kebumen.

Ketua PWI Perwakilan Jateng IV Drs Komper Wardopo MPd mengatakan, aksi tebar benih ikan dan tanam bibit pohon yang diprakarsai oleh insan pers sebagai bentuk kampanye kepada semua pihak guna mendukung kelestarian alam. Temasuk mengajak masyarakat untuk menjaga dan mencintai ekosistem sungai maupun waduk.

“Kami memilih Desa Kedungringin, karena lokasinya yang sangat vital. Selain merupakan hulu Waduk Sempor, kawasan ini juga merupakan daerah tangkapan air dan area green belt atau sabuk hijau kawasan Waduk Sempor,” ujar Komper Wardopo didampingi Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan SIP.

Benih ikan yang ditebar sebanyak 6.000 ekor terdiri atas benih ikan nila dan tawes. Benih ikan itu merupakan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kebumen. Usai tebar benih, dilanjutkan penanaman bibit pohon dan dialog dengan warga. Jumlah bibit pohon yang ditanam sebanyak 8.000 batang bibit jemis jati. Bibit berasal dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan dan Himpunan Pengusaha Kayu dan Hasil Rimba (Himpakahari) Kebumen. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response