Tutor SKB diminta bisa memberikan pembelajaran di luar ruangan

Ditulis 29 Jul 2009 - 19:50 oleh Banyumas1

siswa sekolahPeningkatan mutu pendidikan luar sekolah, tak hanya  ditujukan kepada kejar paket A, B, maupun C. Tetapi para tutor kelompok belajar pun diminta bisa menyetarakan kemampuannya dalam menghadapi  anak didiknya.

Hal inilah yang selama ini menjadi fokus kegiatan belajar engajar di SKB Ajibarang. Sejak  Senin-Rabu (27-29/7).  sebanyak 20 tutor  kelompok bermain di wilayah kerja SKB Ajibarang mengikuti pelatihan tentang model pembelajaran di luar ruangan.Pelatihan ini ditujukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan,  ketrampilan, dan menyesuaikan emosi tutor dalam proses pembelajaran di  luar ruangan.

Kepala SKB Ajibarang Slamet Sularto mengatakan , pelatihan ini juga untuk membekali tutor dalam  memanfaatkan sumber daya di luar ruangan sebagai bahan dan alat  permainan. “Tutor diminta bisa  memberikan pembelajaran di luar  ruangan untuk dimanfaatkan menjadi media belajar dan alat permainan,”  ujar Slamet.

Dia mencontohkan, ketika guru membawa anak-anak bermain di  kebun atau tempat lain. Lokasi itu harus dijadikan media pembelajaran,  dengan memberikan pengetahuan tentang nama pohon, dan lainnya. “Anak  tidak hanya bermain, tapi mengetahui apa yang ada di lokasi tersebut,”  ujarnya.

Untuk itu, pelatihan ini disamping untuk membekali para tutor  supaya bisa memberikan pembelajaran di luar ruangan, juga untuk  memenuhi standar nasional pendidikan di tingkat PAUD.

” Kegiatan ini melibatkan  instruktur dari P2PNFI regional II semarang dan Universitas Negeri  Semarang. Pelatihan ini melibatkan sumber profesional, sehingga  diharapkan para tutor bisa makin kreatif dalam memberikan pembelajaran  di luar ruangan,” ucapnya (banyumasnews.com/pjl)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. vierra 29/10/2009 pukul 11:06 -

    bagus. . . .
    tingkatkan lagi mutu pendidikan. . . .

Leave A Response