KRD rute Jogja-Purwokerto segera dioperasikan

Ditulis 01 Feb 2012 - 07:18 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Kabar baik bagi masyarakat Purwokerto, Kab. Banyumas dan sekitarnya, khususnya yang sering berpergian ke Jogja, luar kota, dan luar  negeri dengan pesawat dari bandara Adi Sucipto Jogjakarta, karena tidak lama lagi akan dioperasikan   angkutan inter moda antara kereta api (KA) dengan pesawat terbang, yaitu Kereta Rel Diesel (KRD-I)  Maguwo Ekspres jurusan Yogya-Purwokerto.

Menurut Humas PT KAI DAOP V Purwokerto, KRD-I Maguwo Ekspres saat  ini masih dalam tahap penyelesaian di PT INKA. Bulan Maret  atau April diharapkan sudah bisa dioperasikan. Kereta ini akan menjalani rute  stasiun Maguwo yang sangat  dekat dengan bandara Adi Sucipto Jogja ke Purwokerto, dan kembali lagi dari Purwokerto ke Jogja di Stasiun Maguwo.  Dengan adanya tambahan moda transportasi kereta ini, masyarakat yang hendak bepergian antara Purwokerto – Yogya dengan tujuan ke Bandara Adi Sucipto dan sebaliknya akan lebih mudah.

“Pengembangan KRD-I Maguwo  dengan jurusan Purwokerto-Maguwo karena volume penumpang  Purwokerto yang naik pesawat terbang dan sebaliknya penumpang asal Yogya dengan tujuan Purwokerto terus meningkat,” kata Manager Humas DAOP V.

Didukung dengan selesainya pembangunan jalur ganda Yogyakarta-Solo, dalam operasinya nanti  KRD-I Maguwo Ekspres  akan melayani rute berjarak sekitar 180 kilometer dengan waktu tempuh  3 hingga 3,5 jam, dalam sehari dua kali. Kelak apabila proyek jalur ganda Purwokerto-Jogja selesai dibangun tahun 2013,  waktu tempuh perjalanan bisa diperpendek lagi menjadi hanya 2,5 jam.

KRD-I Maguwo Ekspress dioperasikan   PT KAI Daop VI Yogyakarta, terdiri dari empat gerbong, kelas bisnis dan eksekutif. Untuk persiapan pengoperasian KRD tersebut  PT KAI Daop VI Yogyakarta dan PT KAI Daop V Purwokerto, sudah melakukan koordinasi, dan tinggal menunggu pengoperasian saja.  Selama ini penumpang Purwokerto Jogja  dilayani kereta jarak jauh KA Ekonomi Logawa jurusan Purwokerto- Yogya –  Jember. Penumpang yang berangkat dari Purwokerto mayoritas turun di Jogja, untuk keperluan wisata, kuliah dan ke Bandara Adi Sutjipto untuk melanjutkan perjalanan ke luar kota/luar negeri dengan pesawat.(BNC/Ist)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Bowo 04/02/2012 pukul 22:52 -

    Wacana membangun Bandara di Purbalingga makin tidak populer lagi. Era sekarang jamannya berbuat cepat. PTKAI lebih sigap merespon keinginan masyarakat Banyumas (tmsk Purbalingga) yg ingin terbang mll Lanud Adisucipto. Pemda Purbalingga terlalu lelet bersikap enterpreneur. Pdhal era Bupati Triyono sedemikian menggelegak utk dibangunnya Bandara tersebut. Bupati penggantinya kok melempem ?

  2. chandra 02/02/2012 pukul 22:26 -

    Berita baik nih…. semoga segera terealisasikan

Leave A Response