Pengadilan Negeri Purwokerto ‘Diteror’ Pesan dalam Ransel Diduga Bom

Ditulis 12 Jan 2012 - 20:42 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Orang tak dikenal yang mengendarai sebuah motor matik  diduga telah meletakkan sebuah tas yang diduga berisi bom  di Kantor Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto, Jl Raya Gerilya, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (12/01) siang. Setelah dibuka, tas ransel tersebut ternyata berisi sebuah pesan yang bernada teror yang ditujukan untuk hakim di Pengadilan Negeri Purwokerto. Bungkusan berwarna coklat yang dibungkus lakban tersebut bertuliskan, “Hakim, jaksa, dan semua pejabat. Hati-hatilah kalian”.

Saksi mata yang pertama kali melihat mengatakan, tas ransel berwarna hitam dan kuning itu diletakkan di halaman Pengadilan oleh seorang laki-laki berumur sekitar 39 tahun yang mengendarai sebuah motor Mio berwarna merah.
“Dia naik motor sendirian. Pakai helm dan menaruh tas lalu pergi ke arah barat. Tas tersebut ditaruh sekitar pukul 13.15 WIB. Saya sempat curiga karena dia meletakkan dengan pelan-pelan,” kata Budiono, saksi mata.

Karena gelagat yang mencurigakan Budiono langsung meminta Satpam setempat membuka sebagian tas dan menemukan pesan dalam kertas. Oleh Satpam selanjutnya dilaporkan ke kepolisian karena pesan yang menakutkan tersebut.

Kepolisian Banyumas segera bertindak cepat, dengan menerjunkan Tim Jihandak Bom Polres Banyumas datang ke lokasi kejadian. Petugas kemudian mendeteksi bunyi hingga dua kali dari tas tersebut dengan menggunakan alat metal detektor. Tidak mau kecolongan, benda mencurigakan tersebut langsung di evakuasi dan dibawa ke markas penjinak bom untuk diledakkan. Kapolres  Banyumas AKB  Dwiyono mengatakan, pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah benda tersebut bom atau bukan. (BNC /ist)

Tentang Penulis

Leave A Response