Ribuan Perangkat Desa Aksi Konvoi, Jalur Utama Jakarta-Purwokerto Lumpuh

BANYUMAS (BNC)-Ribuan perangkat desa beserta kepala desa yang tergabung dalam parade nusantara di Banyumas Jawa Tengah menggelar demo dengan melakukan aksi konvoi di jalur utama Jakarta-Purwokerto, Kamis (12,01) siang. Aksi konvoi yang memacetkan jalur utama tersebut menuntut segera disahkannyaundang undang tentang desa.

 

Aksi dipusatkan disejumlah titik seperti di Kota Ajibarang, Purwokerto dan Wangon. Di Ajibarang, konvoi kendaraan yang menggunakan jalur utama Jakarta-Purwokerto, membuat kemacetan di sejumlah tempat. Hal serupa juga terjadi di Wangon. Jalan yang digunakan konvoi kendaraan membuat jalur utama, Purwokerto-Bandung lumpuh.

 

Petugas kepolisian yang mengatur aksi para perangkat desa ini dibuat kerepotan. Agar tidak menimbulkan kemacetan yang lebih parah, konvoi kendaraan yang sebagian besar sepeda motor ini akhirnya dialihkan ke sejumlah jalur alternatif.

 

Dalam orasinya pendemo menuntut agar undang undang tentang desa yang sedang digodok ini segera di sahkan. Undang Undang ini mengatur tentang alokasi dana desa minimal 10 % dari total APBN disalurkan melalui kas daerah. Jika hal tersebut bisa terealisir maka pembangunan fisik, ekonomi dan soaial serta kelembagaan desa akan lebih maju.

Sementara itu, akibat aksi demo, sejumlah kantor desa tutup.  Kegiatan di kantor itu sengaja dihentikan. karena sebagian besar perangkat desa sedang melakukan aksi (BNC/gus).

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.