Bayi ‘Tanpa Wajah’ di Purwokerto Kondisinya Melemah

Ditulis 09 Jan 2012 - 14:50 oleh Banyumas1

BANYUMAS (BNC) -Bayi kembar yang salah satunya tanpa memiliki batok kepala sejak Senin (09/01) siang kondisinya terus melemah. Berdasar pengalaman, kemampuan bertahan bayi dengan kondisi cacat seperti ini tidak akan lama. Sementara pihak keluarga hanya pasrah.

Bayi ini cukup aneh karena tak memiliki mata dan hidung,namun memiliki mulut. Kelahiran bayi ini mengegerkan karyawan dan warga pasien di Rumah Sakit Islam (RSI) Purwokerto, Jateng. tengah.

Bayi kembar laki dan perempuan ini merupakan anak ke empat dan lima pasangan suami isteri Maani (45 ) dan Mualifah (33) tahun, warga Grumbul Karanggedang, Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Bayi yang laki-laki seberat dua kilo gram yang lahir Minggu pukul 07.50 tersebut, tidak memiliki tempurung kepala, mata, hidung, tapi memiliki mulut. Disamping itu, pada bagian kaki juga terindikasi mengalami pembengkakan. Sedangkan bayi kembar yang satunya, yang berjenis kelamin perempuan, memiliki tubuh yang sempurna.

Bayi yang perempuan ini lahir lima menit kemudian, sekitar pukul 07.55, dengan berat badan 1,9 kilo gram. Sebelum dirujuk di rs islam purwokerto, istrinya sempat dirawat Puskesmas rawat inap Kecamatan Bumiayu,Kabupaten Brebes. Di puskesmas itu Muslifah telah dirawat dua hari. “ Tapi karena sampai dua hari anak saya tidak juga lahir, maka dokter merujuk ister saya untuk melahirkan di rumah sakit,” ujar Maani, ayah bayi. Sementara itu menurut Dokter Anton Sunaryo yang merawat bayi tersebut,proses kelahiran kedua bayi itu sendiri, memang tidak melalui proses yang normal, tapi melalui operasi cesar. “ Kami masih megobservasi kondisi kesehatan kedua bayi dengan pengawasan di incubator, “ ujar Anton (BNC/nan).

Tentang Penulis

Leave A Response